RTH Bendungan Talawi Dibersihkan BBGRM Kecamatan Payakumbuh Utara -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

RTH Bendungan Talawi Dibersihkan BBGRM Kecamatan Payakumbuh Utara

Jumat, 29 Januari 2021
Goro diawali dengan doa

Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Semak dan rerumputan liar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) bendungan Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) pagi ini, Jumat (29/01/2021) dikeroyok Tim Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kecamatan Payakumbuh Utara yang dikoordinir langsung Camat setempat, Desfitawarni bersama forkopimca. 


Selain tokoh masyarakat setempat, gotong royong arisan 9 kelurahan di kecamatan Payakumbuh Utara ini tampak dihadiri Babinsa dan Bhabinkantibmas yang bertugas di kecamatan ini. BBGRM kecamatan Payakumbuh Utara ini melibat instansi terkait, diantaranya Dinas LH, Dinas PU, Dinas Pariwisata dan Olahraga, Lurah, dan Karang Taruna serta puluhan pasukan kuning. 


Goro pembersihan RTH bendungan Talawi memanfaatkan peralatan berupa cangkul, sabit dan keranjang sampah. Setidaknya 20 becak motor, mesin potong rumput beserta operatornya tampak semangat membersihkan RTH yang lama terbengkalai seakan mati suri akibat ditumbuhi semak dan rumput liar. 


Menurut Lurah OTS, Isral, goro yang dilaksanakan di wilayah yang dipimpinnya merupakan giliran OTS. Setiap bulan BBGRM dilaksanakan secara arisan, bergiliran untuk 9 kelurahan yang ada di kecamatan Payakumbuh Utara. 


"ini giliran kelurahan OTS. Setelah dilakukan pengamatan objek goro, bersama tokoh masyarakat, kita putuskan untuk membersihkan area bendungan Talawi yang sudah tidak nyaman dipandang mata. Kita takut, semaknya areal ini bisa menjadi tempat hunian nyaman binatang buas, seperti ular. Selanjutnya Kita menghimbau masyarakat, musim hujan telah datang. Mari Kita jaga kebersihan lingkungan Kita. Bersihkan riol agar tidak tersumbat, atau banjir,"terang Isral. 

Kadis LH, Dafrul Pasi ikut goro

Sementara, Camat Utara Desfitawarni dalam keterangannya usai memberikan arahan kepada Tim BBGRM kecamatan Payakumbuh Utara kepada media membenarkan bahwa arisan BBGRM di Talawi sengaja di fokuskan di bendungan Talawi. 


"Jangan salah ya. Goro di bendungan ini adalah bentuk upaya Kita (Camat) untuk menjaga fasilitas umum. Karena salah satu tupoksi Camat adalah menjaga dan merawat fasilitas umum yang ada di daerahnya. Intinya, goro kali ini adalah untuk meningkatkan silaturahim antara pemerintah dengan warga,"terang singkat Desfitawarni sembari memimpin goro. 


"Terkait jedah, minuman, snak dan makan siang siap goro, Kita sudah atur jadwalnya. Semuanya dikerjakan secara bersama dengan semangat membangun bersama untuk Payakumbuh Utara,"ulasnya.


Di RTH ini terdapat areal santai keluarga, lapangan olahraga, areal pre-wedding dan pemandangan hijau dilatarbelakangi areal pesawahan dan perkebunan warga serta areal sungai Batang Lamposi. 


Sekira pukul 10.00 BBGRM diakhiri dengan makan bersama diatas daun pisang.(ul)