Sanggar Balerong Lusar Batusangkar Beri Pelatihan Merajut pada Disabilitas Wanita -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Sanggar Balerong Lusar Batusangkar Beri Pelatihan Merajut pada Disabilitas Wanita

Sabtu, 30 Januari 2021

Ketua Sanggar Balerong Lusar foto bersama dengan Kabid RPJS Dinas Sosial, anggota HDWI, Mahasiswa KKN UNP dan Pemuda Luak Sarunai.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemuda pemudi Perumahan Luak Sarunai, Jorong Malana Ponco, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, patut diberikan apresiasi, dimana dalam masa pandemi Covid-19 ini aktif dalam kegiatan sosial terhadap masyarakat Tanah Datar umumnya, dan warga Luak Sarunai khususnya. 


Hal itu dibuktikan dengan telah berdirinya Sanggar Balerong Lusar di Perumahan Luak Sarunai tersebut secara bersama-sama, banyak kegiatan yang dilakukan Balerong Lusar ini, yaitu pencak silat, tari, kesenian, dan pelatihan merajut bagi Himpunan Disabilitas Wanita Indonesia (HWDI) dan warga sekitar secara gratis, Jum'at (29/1/2021). 


Ketua Sanggar Balerong Lusar Ismet Kurdatu menyampaikan, khusus untuk pelatihan merajut kita laksanakan setiap hari jumat bagi kelompok HDWI Tanah Datar dan warga Luak Sarunai secara gratis, baik biaya pelatihannya maupun bahannya. Dan kita juga kedatangan tamu dari mahasiswa KKN UNP yang juga melihat langsung bagaimana Ibuk-ibuk belajar merajut. 


"Hasil dari pelatihan merajut ini seperti tas, dompet, alas meja, sarung bantal, konektor masker, topi muslim, dan lainnya, akan kita tampung dan distribusikan ke pasar dan toko yang ada di kota Batusangkar maupun luar kota," kata Ismet. 


Ismet menambahkan bagi masyarakat yang ingin belajar merajut, boleh datang ke Balerong Lusar dengan biaya pelatihan gratis tapi bahan ditanggung sendiri. 


Dinas Sosial Tanah Datar juga melakukan kunjungan melalui Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Mashuri Maisa, S.Sos  menyampaikan bahwa pemerintahan daerah sangat mensuport kegiatan ini, di Balerong Lusar ini tidak hanya pelatihan merajut saja, tapi ada juga sanggar seni, pencak silat, tari, dan yang lainnya. 


"InsyaAllah kita akan mensupport kegiatan ini dan kita akan bantu fasilitasi dengan pemerintahan daerah, apa yang diperlukan di Balerong Lusar ini," ujar Mashuri. (fdy)