Screening di Tempat Lama, Nikah di Gedung KUA Baru -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Screening di Tempat Lama, Nikah di Gedung KUA Baru

Jumat, 08 Januari 2021
Inilah gedung baru KUA Padang Panjang.

Padang Panjang,  fajarsumbar.comKendati sudah punya gedung baru di Kelurahan Koto Panjang, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) di Kelurahan Ngalau, tetap difungsikan. Untuk proses nikah, screening dilaksanakan di tempat lama, untuk resepsi bisa di gedung baru.


“Dengan adanya bangunan baru, bangunan lama tidak kami lepaskan. Maksudnya, apapun yang berkaitan dengan acara Kementerian Agama (Kemenag) akan tetap dilaksanakan di bangunan lama. Seperti screening calon pengantin (catin),” jelas Kepala Kemenag Padang Panjang, Drs. H. Gusman Piliang, MM, Jumat (7/1/2021).


Dijelaskan, setelah selesai screening di bangunan lama, jika catin ingin melakukan pernikahan di KUA, maka akan dilaksanakan di bangunan baru. 


Selain itu, bangunan lama juga akan dibuat markas atau sekretariat yang digunakan untuk kegiatan keagamaan. Sehingga masyarakat yang mewakafkan tanahnya, tetap mendapatkan pahala dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kemenag.


"Diharapkan semua bangunan yang dimiliki  Kemenag, dapat membantu dan memudahkan umat," jelasnya.


Gusman juga menjelaskan, peresmian yang dilakukan  Kakanwil Kemenag Sumbar adalah peresmian pemakaian, bukan peresmian gedung. "Gedung KUA dan Manasik Haji ini, akan diresmikan langsung oleh Menteri Agama. Namun kapan waktunya, belum dapat dipastikan," katanya.


Sebelumnya, KUA Kec.  Padang Panjang Timur yang terletak di Kelurahan Ngalau ini adalah bangunan dengan hak pakai. Karena tanah tempat bangunan merupakan tanah wakaf masyarakat.


“Alhamdulillah, berkat usulan Kakanwil ke pusat, tahun 2019 mendapatkan bantuan dana Rp450 juta yang dibelikan untuk tanah KUA. Pada 2020 juga mendapatkan bantuan, sehingga berhasil membangun gedung yang mewah ini,” jelas Gusman. (syam)