Siswa PAUD Rawan Tertular Covid19 -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Siswa PAUD Rawan Tertular Covid19

Kamis, 21 Januari 2021
Henny Riza Falepi 

Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.


Hal yang sama juga dilakukan dilembaga pendidikan, Pemerintah Kota Payakumbuh terhitung bulan Januari tahun 2021 sesuai ketentuan dan aturannya Dinas Pendidikan telah memberikan informasi kepada masing-masing sekolah bahwa pembelajaran tatap muka sudah dapat diberlakukan kembali namun dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 


Menyikapi dan merespon kondisi saat ini, khusus disekolah rendah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), Terkait proses belajar mengajarnya Bunda PAUD Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi mengatakan untuk Payakumbuh saat ini kita masih di Zona Kuning. Kendati demikian untuk proses belajar mengajar dengan tatap muka disekolah harus diterapkan dengan protokol kesehatan ketat. Karena dikwatirkan Anak Usia Dini tidak bisa menjalani protokol  kesehatan di PAUD dan dikhawatirkan nantik tertular. 


"Untuk memberikan pemahaman kepada anak usia dini tidak semudah yang dibayangkan, anak usia dini berbeda dengan anak usia SD sampai SMA yang notabene sudah mengerti dan paham apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan protokol kesehatan. Anak harus diberikan pemahaman yang ekstra dan itu tidak mudah," Ujar Henny saat ditemui di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Kamis(21/1). 


Ditambahkan Heny, Pada prinsipnya jika ada pilihan tidak masuk sekolah untuk PAUD itu pilihan yang baik. Namun ini juga dilema bagi orang tua yang yang bekerja diluar, nanti anaknya bagaimana. Terkait hal ini diberikan pilihan kepada wali murid.


"Menurut saya lebih baik memberikan pilihan apakah orang tua bisa menghendel  dan punya waktu di rumah dan bisa memberikan stimulasi tumbuh kembang anak, kita akan menyarankan lebih baik di rumah. Dan kita juga akan memberikan pendampingan dari PAUD bagaimana menstimulasi tumbuh kembang anak di usia dini. Namun jika tidak ada pilihan, orang tuanya bekerja, dan anaknya akan tidak terperhatikan maka PAUD memang harus ambil alih untuk ini karena Golden Age anak ini nanti akan terlewatkan. Kita akan memberikan pendampingan kepada anak bagaimana mereka berinteraksi bersama teman-teman dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada ," Pungkas Henny.(ul)