Targetkan Akreditasi Paripurna, Dinkes Agam Direakditasi 18 Puskesmas -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Targetkan Akreditasi Paripurna, Dinkes Agam Direakditasi 18 Puskesmas

Rabu, 13 Januari 2021

.

Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Sebanyak 18 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten  Agam  tahun 2021 ini akan melakukan akreditasi ulang atau perpanjangan oleh Dinas kesehatan (DINKES) Kabupaten Agam.


12 puskesmas diantaranya merupakan reakreditasi yang tertunda akibat Covid-19 pada tahun 2020, Sementara enam bertepatan dengan habis masa akreditasinya.


Kadinkes Kabupaten Agam, Indra melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Prima, Monida Osni mengatakan," Agam memiliki 23 unit puskemas, Sejak 2018 seluruh puskesmas tersebut telah terakreditasi  dan  Tahun 2021 ini, ada 18 di antaranya akan melakukan akreditasi ulang." Katanya di Lubuk Basung (13/1).


Lebih lanjut dijelaskan, dari 23 Puskesmas yang ada, 12  akan melakukan akreditasi ulang tahun ini, 12  Puskesmas ini seharusnya reakreditasi di tahun 2020. Namun, akibat pandemi Covid-19  akreditasi ulang menjadi tertunda.," Ujarnya.


12 puskesmas yang masa akreditasinya habis di tahun 2020. itu, akan dilakukan akreditasi ulang tahun ini, bersama 6 puskesmas yang memang tahun 2021 masuk masa reakreditasi,” terangnya.


Dijelaskan Monida, masa berlaku akreditasi Puskesmas hanya 3 tahun. Jika masa berlaku dinyatakan habis, maka Puskesmas yang bersangkutan harus melakukan akreditasi ulang.


6 puskesmas yang masuk masa akreditasi di tahun ini yaitu Puskesmas Pulupuh, Puskesmas Malalak, Puskesmas Bawan, Puskesmas Muaro Putuih, Puskesmas Kapau, dan Puskesmas Padang Tarok,” sebutnya.


Dari 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Agam, 4 di antaranya sudah mengantongi akreditasi utama meliputi Puskesmas Palembayan, Puskesmas Matur, Puskesmas Baso dan Puskesmas Biaro.


Pihaknya menargetkan, dari 18 Puskesmas yang dinilai tahun ini, sebanyak 25 persen mengantongi akreditasi paripurna. Dijelaskan, akreditasi paripurna didapat ketika sudah memenuhi kriteria Permenkes Nomor 43 Tentang Puskesmas, baik dari segi fasilitas dan mutu pelayanan.


“Target paripurna diutamakan puskesmas yang sudah lengkap sarana prasarana, sesuai permenkes, memenuhi standar ketenagaan dan mutu pelayanan,” ujarnya. (Yanto)