Tidak Ada Kerumunan di Malam Tahun Baru di Brebes -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tidak Ada Kerumunan di Malam Tahun Baru di Brebes

Jumat, 01 Januari 2021
Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti SE MH


Brebes, fajar sumbar.com - Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti SE MH memastikan tidak ada kerumuman di malam pergantian tahun baru 2021. Penegasan Idza disampaikan saat memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2021 di halaman Mapolres Brebes, Kamis (31/12) sore.


Apel Kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2021 diikuti unsur Polri, TNI, Polisi militer, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Banser, Kokam, Palang Merah Indonesia (PMI). 


Tampak hadir Kapolres Brebes, Komandan Kodim 0713 Brebes yang diwakili oleh Kasdim 0713/Brebes, Ketua DPRD Brebes serta Anggota Forkopimda dan Kepala OPD lainya.


Dalam Sambutannya Bupati menyampaikan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan untuk menciptakan kondusifitas wilayah serta meningkatkan kewaspadaan terkait upaya antisipasi kegiatan masyarakat di pergantian tahun 2021 di tengah pandemi covid-19.


Idza berharap kepada seluruh personel yang terlibat dari kodim 0713/brebes, polres brebes, satpol pp serta personel lainnya, dapat melakukan upaya pencegahan dini serta pemetaan wilayah terhadap kegiatan masyarakat yang memicu kerumunan baik di malam pergantian tahun maupun libur tahun baru.


Pemerintah Kabupaten Brebes melarang bentuk kegiatan apapun yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh personel harus melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat, dengan bertindak tegas kepada siapa pun yang melanggar protokol kesehatan. 


Apalagi, penyebaran covid-19 di Kabupaten Brebes masih cukup tinggi. Dia berharap seluruh personel benar-benar dapat bekerja serta berkoordinasi dengan baik, demi keamanan, kesehatan dan keselamatan masyarakat Kabupaten Brebes.


Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto SIK MHP dalam konferensi persnya menyampaikan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Polres Brebes tidak mengeluarkan izin keramaian pada saat malam tahun baru. Bahkan Polres Brebes akan menindak tegas bila ada kerumunan.


“Kami siap menindak tegas dengan membubarkan kerumunan pada saat malam pergantian tahun malam ini. Alun-alun Brebes dan Taman Juang kita tutup satu malam. Titik lainnya secara situasional kita pantau secara ketat,” kata Kapolres Brebes


Untuk pengamanan, lanjutnya, pihaknya sudah menyiapkan personel, baik yang ada di Polres maupun petugas yang berada di Polsek. Termasuk, dari 26 anggota Brimob Polda Jateng dan gabungan dari TNI dan Satpol PP.


“Total 277 anggota kami di Polsek dan Polres kita kerahkan. Dan juga, kami akan gelar patroli di beberapa titik tempat areal publik seperti di Alun-alun dan Taman Juang serta tempat ibadah. Agar kebijakan ini bisa diterapkan dengan maksimal,” jelasnya. 


Kapolres meminta kepada seluruh jajarannya bersiaga dengan menggelar operasi guna memastikan Kamtibmas tetap terjaga pada saat malam tahun baru. Menurut dia, upaya antisipasi harus dilakukan. 


“Saya minta kepada seluruh kapolsek berkoordinasi untuk melakukan patroli Kambtimbmas secara bersama-sama pada saat malam tahun baru,” pungkasnya. (Hms/sugiarto)