Tukang Harus Bersertifikat, Belum Ada Ketentuannya -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tukang Harus Bersertifikat, Belum Ada Ketentuannya

Sabtu, 30 Januari 2021

Kepala PUPR Kota Bukittinggi Erwin Umar.


Bukittinggi, fajarsumbar.com - Adanya wacana para tukang harus bersertifikat, Kepala Dinas PUPR Bukittinggi belum menerima surat dari Menteri PUPR atas ketentuan tersebut.


Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Bukittinggi, Erwin Umar kepada fajarsumbar.com di ruangan kerjanya di Belakang Balok Bukittinggi, Jumat (29/01/2021).


Menurut dia, tentang adanya wacana para tukang yang harus bersertifikat keahlian itu sudah lama. Namun tukang yang bersitikat keahlian itu, misal tukang mengerjakan Ketel Uap, kalau tidak ahli sangat beresiko bisa meledak dan tukang elektrikal.


Kemudian adanya organisasi yang akan melaksanakan pelatihan tukang, itukan sudah ada pada Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah yang telah ada di Payakumbuh.  


"Kalau swasta mau mengadakan tidak ada masalah, ya seperti orang kursus belajar mobil,  Surat Izin Mengemudi (SIM) tetap Polisi yang mengeluarkan," ujarnya.


Yang pasti sampai sekarang belum ada surat  ke Dinas PUPR bagaimana mekanismenya, tentang pelatihan tukang dan sertifikat untuk mengikuti tender proyek belum ada ketentuannya.


Pada kesempatan itu, ia mengingatkan harus berhati-hati berita kebenarannya, sebab sampai saat ini tukang yang mengerjakan satu proyek belum ada ketentuannya wajib bersertifikat. (gus)