Vaksin Covid-9 Tiba di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Pengawalan Ketat -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Vaksin Covid-9 Tiba di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Pengawalan Ketat

Kamis, 28 Januari 2021
Vaksin covid-19

Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com ---Sebanyak 63 box vaksin covid-19 jenis Donovan's tiba di kabupaten Lima Puluh Kota usai dijemput dari Dinas instalasi Farmasi Sumbar di Padang dengan pengawalan ketat oleh petugas keamanan dan gabungan satgas penanggulangan covid-provinsi Sumatera Barat, Rabu (27/1/2021).


Kegiatan penjemputan melibatkan 7 unit kendaraan dengan rincian 1 unit kendaraan Toyota Hilux Patroli Sat Lantas Polres 50 Kota yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Sat Lantas IPDA Elmondri dengan No Pol. III 1119-40 berikut petugas yang berada di dalam mobil Sat Lantas Polres 50 Kota sebagai pengawal depan masing-masing Brigpol Rio Vernanda, Ba Sat Lantas Polres 50 Kota, Hidayatullah, Humas Polres 50 Kota dan Robi Adrian Putra, Staf Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota.


Sedangkan di mobil Isuzu NLR 55 Bus 100 PS dengan No Pol. BA 9023 MK dengan petugas didalamnya adalah Erlandika Muref, sopir Ambulance Puskesmas Dangung-dangung, IPDA Desmetri, Kanit III Sat IK Polres 50 Kota dan Briptu Leo Andika, Ba Sat IK Polres 50 Kota.


Sementara pada mobil Chevrolet Navara Double Cabin dengan No Pol. BA 8827 C dengan petugas didalamnya  adalah MHD. Nasir, Staf Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota, Anton, S.Si, A.pt Kepala Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota dan Bujang, Staf Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota.


Untuk kendaraan Mitshubisi Triton No Pol. BA 8807 C dengan petugas didalamnya masing-masing Ifan Mahendra, Staf Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota, Fachrul Rozi, Kasi P2M Dinkes Kab. Lima Puluh Kota dan Erdison, Kabid Yan Dinkes Kab. Lima Puluh Kota.


Pada mobil Isuzu D-Max Sabhara No Pol. III 82-40 dengan petugas didalamnya IPTU Apendi KBO Sat Sabhara, Kanit Patroli Sabhara Aiptu Feristian dan Syamsul Beni, Staf Kominfo Kab. Lima Puluh Kota.


Kemudian pada kendaraan Security Barrier Yon A Brimob Polda Sumbar dengan 7 orang anggota yang dipimpin oleh IPTU Manahan Afrianto Simatupang Wadanki Yon A Brimob Polda Sumbar.


Setelah melakukan perjalanan jauh pukul 12.00 Wib rombongan sampai di Dinas Instalasi Farmasi Provinsi Sumbar di Kota Padang kemudian dilaksanakan pengisian buku tamu oleh pihak Kepala Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota.


Pada pukul 12.50 Wib setelah menunggu giliran pendistribusian pihak Instalasi Farmasi Provinsi Sumbar meminta perwakilan dari Staf Gudang Instalasi Kab. Lima Puluh Kota yang didalam hal ini M. Nasir beserta Staf Seksi Farmasi Dinkes Provinsi Sumbar dan Staf BPOM Kota Padang masuk ke ruang penyimpanan Vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk melakukan pengepackan ke dalam  Cold Box sebanyak 2 buah dengan jumlah 2.520 dosis dengan 63 kotak yang mana 1 kotaknya berisikan 40 / Vial.


Pada pukul 13.12 Wib dilakukan penyerahan vaksin Covid-19 jenis Sinovac sebanyak 2 buah box dengan rincian 1 boxnya berisikan 33 kotak dan  30 kotak dengan jumlah keseluruhan sebanyak 63 kotak dengan jumlah vaksin 2.520 vial yang mana pada rencana awal Cold Box pembawa vaksin diletakan di mobil Ambulance Dinkes Kab. Lima Puluh Kota Isuzu NLR 55 Bus 100 PS mengalami konsleting listrik pada sekring AC nya sehingga pihak Kepala Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota Anton, S.Si, A.pt mengambil kebijakan bahwa Cold Box sebanyak 2 buah tersebut diletakkan di kendaraan pengawal depan Sat Lantas Polres 50 Kota Toyota Hilux No Pol. III 1119-40 yang diletakkan di bangku belakang yang mana AC dari kendaraan tersebut dinilai mencukupi persyaratan sebagai suhu penyimpanan vaksin.


Pada pukul 13.30 Wib rombongan bergerak menuju Kab. Lima Puluh Kota dengan tetap dengan pengawalan depan dan belakang serta pengawalan dari kendaraan Security Barrier Yon A Brimob Polda Sumbar.


Pada pukul 16.00 Wib rombongan sampai di Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota kemudian dilaksanakan penghitungan dan pemindahan vaksin dari Cold Box sebanyak 2 buah ke 1 buah Coldchain yang mana penghitungan langsung disaksikan seluruh petugas dari Polres 50 Kota serta pihak Dinas Kesehatan Kab. Lima Puluh Kota.


Pada pukul 16.05 Wib selanjutnya pengamanan vaksin diserahkan kepada personil Polres 50 Kota yang telah dibuatkan surat perintah tugas dalam pengamanan gudang vaksin. Selama pengawalan dan pengamanan vaksin dilakukan dalam keadaan aman dan kondusif serta tetap menggunakan protokol kesehatan Covid -19.


Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K melalui Kabagops Polres 50 Kota, Rudi Munanda, SH.MH menjelaskan kepada tim penjemputan Vaksin ke gudang farmasi Propinsi Sumatera Barat untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik baiknya.


“Tetap utamakan keselamatan dari pada kecepatan, dan tetap waspada selama di dalam perjalanan, menghindari adanya kemungkinan hal-hal yang tak terduga” ujarnya dalam pengarahan di halaman Dinas Kesehatan Kab.Lima Puluh Kota, sebelum keberangkatan.(ul)