Wajah Kawasan Pasar Bakal Semakin 'Tacelak' -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Wajah Kawasan Pasar Bakal Semakin 'Tacelak'

Senin, 25 Januari 2021

Pasar Pusat Kota Padang Panjang


Padang Panjang,  fajarsumbar.com - Tahun 2021 ini Pemko Padang Panjang  kembali mengganggarkan Rp8 miliar untuk mempercantik wajah kawasan pasar pusat.  


Mempercantik pasar pusat yang sebelumnya dibangun  dengan dana APBD Rp106,5 miliar di era walikota Hendri Arnis adalah etelase kota.


Mepercantik wajah pusat pembelanjaan  ini ditargetkan rampung dalam waktu enam bulan. 


Dengan demikian setelah kawan pasar ini kian “tacelak” diharapkan semakin  menarik dikunjungi.


"Terus diupayakan bagaimana memaksimalkan kawasan pasar  menjadi lebih nyaman dikunjungi orang dan menjadi daya tarik pendatang. 


Tahun ini akan ada pembenahan. Sekarang dalam proses tender,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Welda Yusar, ST, MT, Senin (25/1) Padang Panjang.

 

Terhitung pengerjaan  bulan April dan diperkiraan selesai  September, lanjut Welda, pemko akan mempersembahkan sebagai hadiah di Hari Jadi Kota (HJK) mendatang. 


“Mudah-mudahan terlaksana dan menjadi hadiah di HJK,” harapnya.


Kadis PU ini menyebut, trotoar akan dibangun mulai dari Jalan M. Syafei menuju Jalan Chatib Sulaiman, serta di Jalan Imam Bonjol.  


“Pengerjaan trotoar mulai dari simpang Gedung M. Syafei sampai ujung gerbang Kelurahan Tanah Hitam. Kemudian, mulai simpang AB Mart sampai simpang Bank Nagari Syariah,” jelasnya. 

 

Konsep pedestrian di kawasan pasar, kata Welda merujuk sejumlah konsep di beberapa daerah di Indonesia termasuk daerah sekitar. 


"Ada yang bagus, kenapa tidak kita terapkan  seperti pemakaian bollard. 


Trotoar dengan material andesit itu, kata Welda, ramah disable.  Di spot-spot tertentu, nantinya ada pepohonan,  taman, tempat duduk dan lighting. Pangkalan ojek akan dirapikan, berkordinasi dengan Dinas Perhubungan. Kita akomodir agar lebih rapi pangkalannya,” jelasnya. 

 

Di depan pasar akan ada vertical garden dan ampitheater mini sebagai panggung tempat anak-anak muda berkreasi seni. 


Di pasar juga disediakan “Tourist Information Center" yang dikelola Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. (syam)