Wakil Bupati Suhatri Bur Memimpin Rapat APE 2021 -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Wakil Bupati Suhatri Bur Memimpin Rapat APE 2021

Kamis, 28 Januari 2021

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bersama Tim dan OPD usai memimpin Rapat Koordinasi membahas persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 di Ruang Rapat Setda, Kamis (28/01/21).


Parit Malintang, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) membahas persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 di Ruang Rapat Setda, Kantor Bupati, Parit Malintang, Kamis (28/01/21).


Kegiatan Rakor ini melibatkan Tim Driver Pengarusutamaan Gender (PUG) dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Dalam pertemuan itu juga dihadirkan sebagai narasumber Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumatera Barat Besri Rahmad.


Kata Suhatri Bur, Penghargaan APE itu sendiri merupakan penghargaan bergengsi dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Republik Indonesia, sebagai bentuk pengakuan dan atas komitmen dan peran pada pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).


Ia menekankan penguatan peran masing-masing OPD dalam meraih penghargaan APE.


“Penghargaan APE menjadi penyemangat dalam mewujudkan Kabupaten Padang Pariaman yang inklusif gender” tegas mantan Ketua KPU Padang Pariaman itu


Sementara itu, Kepala DPPPA Sumbar Besri Rahmat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang bersemangat dalam penilaian APE 2021. Sinergitas Tim Driver yang terdiri dari Inspektorat, Bapelibangda, BPKD dan DinsosP3A memegang peran penting dalam pencapaian indicator PUG.


“PUG itu digerakkan oleh Pemerintah bersama masyarakat. Alhamdulilah, komitmen Padangpariaman sudah lebih baik dan bisa diandalkan untuk meriah pengahrgaan APE” kata Besri.


Di tempat yang sama, Inspektur Hendra Aswara mengatakan pimpinan daerah dan perangkat daerah sangat serius dan berkomitmen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.


Hendra sebagai Ketua Tim Persiapan Penghargaan APE menjelaskan sejumlah indikator pemilaian. Yakni terdapat 7 indikator dalam penilaian terdiri Komitmen, Kelembagaan, SDM dan Anggaran, Metode dan Tool, Data Sistim dan Informasi, Peran Serta Masyarakat dan Dunia Usaha.


“Seluruh dokumen sudah kita input pada aplikasi APE dengan maksimal. Eviden atau bukti yang dibutuhkan tim penilai sudah kami siapkan” ungkap Mantan Kabag Humas itu.


Hendra menambahkan jadwal verifikasi lapangan dari Kementerian PPPA dilaksanakan pada minggu keempat bulan Februari mendatang. Untuk itu, ia meminta seluruh OPD agar bersiap dengan menyajikan dokumen yang diminta Tim Penilai nantinya. (saco).***