6,5 Hektare Lahan Sawit Kembali Terbakar di Agam -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

6,5 Hektare Lahan Sawit Kembali Terbakar di Agam

Senin, 22 Februari 2021
Petugas berjibaku memadamkan api.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Cuaca panas berkepanjangan melanda Kabupaten Agam akhir-akhir ini, mengakibatkan kebakaran kebun kelapa sawit milik masyarakat di Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam terus meluas jadi  6,5 hektare.


Hal ini disampaikan oleh Syafrizal Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam di Lubuk Basung. "Sebelumnya luas lahan terbakar hanya lima hektare pada Jumat (12/2). Lahan itu kembali terbakar pada Minggu (21/2) sekitar 1,5 hektare, sehingga total menjadi 6,5 hektare," kata  Syafrizal di Lubuk Basung, Senin (22/2)


Ia menerangkan, 1,5 lahan kepala sawit itu milik Brigjen Purn TNI Dasiri Musnal dan penyebab kebakaran belum diketahui. Saat ini, tambahnya, api masih menyalar dan pihaknya telah mengerahkan 10 anggota Satgas BPBD beserta mesin portabel.


Pemadaman juga melibatkan anggota Polres Agam, Kodim 0304 Agam, masyarakat dan lainnya. "Pemadaman terkendala dengan tidak adanya sumber air dan jalan menuju lokasi tidak ada, sehingga tidak bisa mobil pemadam kebakaran ke lokasi," katanya.


Ia menambahkan, sebelumnya lahan kelapa sawit Dasiri Musnal juga terbakar seluas dua hektar pada Jumat (12/2).


Selain itu lahan kelapa sawit milik Jarot (55) di sekitar lokasi juga terbakar seluas tiga hektare. "Selama Januari sampai 22 Februari 2021 sekitar 23,5 hektare lahan kelapa sawit milik warga terbakar," katanya


Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat cuaca panas disertai angin kencang melanda daerah itu dengan cara tidak membakar sisa perambahan dan tidak membuang puntung rokok.


"Api akan mudah menyalar, karena kondisi perkebunan sudah kering dan perkebunan berada di lahan gambut," katanya. (Yanto)