Bupati Irfendi Arbi Jalani Vaksinasi Covid -19 di Puskesmas Kotobaru Simalanggang -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Bupati Irfendi Arbi Jalani Vaksinasi Covid -19 di Puskesmas Kotobaru Simalanggang

Rabu, 03 Februari 2021
Bupati Irfendi Arbi ikuti vaksinasi covid-19

Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com --- Bupati Irfendi Arbi hari ini menunjukkan bukti bahwa Kepala daerah harus tampil sebagai contoh dan garda terdepan dalam penanganan penyebaran covid-19 di daerahnya. 


Terbukti, Rabu (03/02/2021) siang, Bupati Irfendi Arbi mengikuti vaksinasi covid-19 yang kini menjadi program nasional untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.


Sebelumnya, Senin (01/02/2021) Bupati Irfendi Arbi tidak tampak hadir dalam penyerahan vaksinasi yang diikuti forkopimda di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota di Bukit Limau Kenagarian Sarilamak. Informasi dari Kadinkes Tien Septino mengabarkan bahwa kesehatan Bupati saat itu kurang mendukung untuk menerima vaksinasi covid-9. 16 kriteria yang ditetapkan tidak terpenuhi oleh Bupati saat itu. 


Di Puskesmas Kotobaru Simalanggang, pemberian vaksinasi covid-19 kepada Bupati Irfendi Arbi berjalan lancar. Tampak juga diikuti Asisten I Dedy Purnama, Kadis Kesehatan Tien Septino, Wakapolsek kecamatan Payakumbuh Iptu Asril RM serta Camat Kec.Payakumbuh.


Usai divaksinasi, Bupati Irpendi Arbi menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk ikut program vaksinasi covid-19. Karena vaksin tersebut aman dan bagus untuk mengantisipasi covid -19. Dirinya mengingatkan masyarakat supaya jangan takut. Serta tidak ikut menyebar berita hoax ditengah-tengah masyarakat. Karena vaksin tersebut telah lolos uji penggunaannya dari BPOM RI dan bersertifikat Halal dari MUI. 


"Pemerintah sangat hati - hati dalam penggunaan vaksin untuk masyarakatnya. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 telah  sesuai prosedur,"ujar Irpendi Arbi


"Vaksin Covid-19 buatan Sinovac biotech inipun telah bersertifikat halal dari MUI sehingga aman dan efektif untuk digunakan. Oleh karenanya diminta kerjasama dari semua pihak agar seluruh masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota dapat  menerima vaksin ini," ungkap Irpendi Arbi. 


Di lokasi yang sama, Waka Polsek kecamatan Payakumbuh Iptu Asril RM Sioban yang ikut divaksin mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi itu telah sesuai dengan SOP protap kesehatan dan prosedur untuk melaksanakan vaksin covid -19.


Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota dr. Tien Septino, M.Kes mengungkapkan, pemberian vaksin covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan untuk bulan Februari ini difokuskan kepada tenaga kesehatan.


"Tujuan dari vaksinasi ini adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian yang disebabkan virus corona dengan membentuk imuniti kelompok, sehingga dapat meminimalkan dampak sosial dan ekonomi seperti yang dirasakan saat ini,"ujar Tien.


Menguatkan, Kepala Puskesmas Koto Baru Simalanggang, Erma menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac biotech telah diterima Pemerintah Kabupaten Limapuluhkota telah memiliki izin penggunaan dalam kedaruratan dari Balai POM Republik Indonesia pada tanggal 11 Januari 2021 dan sertifikat Halal MUI Nomor 2 tahun 2021.


Para penerima vaksin  akan melalui 4 tahapan prosedur sebagai berikut :

  1. Pendaftaran dan penyerahan e-tiket. 
  2. Screening kesehatan. 
  3. Pemberian vaksin oleh vaksinator bersertifikat. 
  4. Pencatatan data penerima vaksin. 


"Setelah 14 hari penerima vaksin akan diberikan dosis ke 2 dan berhak memperoleh sertifikat vaksinasi yang berisikan data Nama, NIK dan Nomor Vaksin yang bisa digunakan saat bepergian," ucap Erma.(ul)