DPRD Rapat Paripurna Pengusulan Pelantikan Bupati Sijunjung Terpilih -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

DPRD Rapat Paripurna Pengusulan Pelantikan Bupati Sijunjung Terpilih

Jumat, 19 Februari 2021

Penandatanganan Berita Acara Pengumuman Pengusulan pengesahan pengangkatan calon Bupati terpilih

Sijunjung,fajarsumbar.com - DPRD Sijunjung gelar rapat paripurna  pengumuman usulan pengesahan pengangkatan calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Benny Dwifa Yuswir. S.STP, M.Si. dan  H.Iradatillah  S.Pt di Kandang Baru, Kamis (18/2/2021).


Rapat paripurna tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Bambang Surya Irwan. Disebutkan usulan Pengangkatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih tersebut, selanjutnya disampaikan oleh DPRD Kabupaten Sijunjung kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubemur Provinsi Sumatera Barat untuk Pengesahan Pengangkatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung.


Bambang Surya Irwan menyebutkan, sesuai dengan agenda DPRD yang telah ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah pada tanggal 16 Februari 2021, dimana pada hari ini Kamis tanggal 18 Februari 202, DPRD akan melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman Usulan Pengesahan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung 2020. 

Foto bersama seusai rapat pleno pengumuman usulan pengesahan pengangkatan calon terpilih


Berdasarkan ketentuan Pasal 154 ayat (1) huruf e Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 jo Pasal 23 huruf e Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, menjelaskan bahwa DPRD mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian. 


Sehubungan dengan amanat Peraturan Perundangundangan tersebut di atas, Gubernur Sumatera Barat telah menyampaikan surat Nomor :120/ 93 /Pem-2021 tanggal 16 Februari 2021, perihal Usulan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Hasil Pilkada 2020. 


Berdasarkan Surat Gubernur tersebut, maka sesuai dengan wewenangnya, hari ini DPRD Kabupaten Sijunjung telah menindaklanjuti dengan melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman Pengusulan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Tahun 2020. 


Sementara itu Plh Bupati Sijunjung Zefnihan. Ap.M.Si dalam kata sambutannya mengatakan agenda hari ini rapat paripurna  pengumuman usulan pengesahan pengangkatan calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung terpilih Benny Dwifa Yuswir. S.STP, M.Si. dan  H.Iradatillah  S.Pt, berkat kerja yang cepat dan koordinasi yang baik dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Sijunjung, sehingga terlaksana acara ini dengan baik.


Untuk itu ke depan dengan bupati terpilih perkembangan pembangunan bisa lebih maju lagi dan Bupati terpilih nantinya bisa bersinergi dengan baik dengan DPRD Kabupaten Sijunjung.


Hadir dalam kesempatan tersebut Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Ketua Pengadilan Negeri Muaro dan Ketua Pengadilan Agama Sijunjung. Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih. (def)