Guru PAI Berperan Bentuk Karakter Pelajar -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Guru PAI Berperan Bentuk Karakter Pelajar

Jumat, 19 Februari 2021
Walikota Padang Panjang, Fadly Amran di tengah pengukuhan kepengurusan PAI.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan besar dalam membentuk karakter pelajar. Pengajar PAI harus terus berinovasi dan menciptakan metode jitu agar pendidikan karakter lebih implementatif dengan indikator yang jelas.


Hal itu disampaikan Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, Kamis (18/2), ketikq membuka kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Guru SD se- Padang Panjang. Sekaligus pengukuhan kepengurusannya yang baru di SDN 09 Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat. 


"Mengubah karakter adalah pekerjaan yang berat. Namun bapak dan ibulah  profesornya, yang bisa mengimplementasikannya. Lingkungan sekolah harus benar-benar jadi alternatif ketika di rumah tidak kondusif. Apa metode yang bisa diperbarui dalam mengajarkan karakter kepada pelajar," sebut Fadly.


Selain mengajar hafiz Al Qur'an, iman dan taqwa, tambah Fadly, juga harus tertanam. "Imtaq dulu, baru Iptek. Anak sekarang perlu contoh. PAI akan membentuk karakter Islam. Perhatian detail kepribadian dan sifat, penting dimasukkan ke dalam kurikulum," kata Fadly.

Walikota  mengapresiasi acara KKG PAI dan pengukuhan kepengurusannya yang baru. 


 "Perkumpulan dengan niat baik saja sudah berpahala, apalagi disertai tindakan. Perlu saling dukung antar anggota mendiskusikan sesuatu yang baik. Kepada pengurus yang baru hendaknya memiliki pemikiran baru. Ke depan lebih menggali lagi potensi guru dan murid," ujar Fadly.


Sejumlah guru turut menyampaikan aspirasinya kepada Fadly. Di antaranya, memfasilitasi beasiswa pendidikan bagi guru PAI. Serta, adanya tambahan sarana penunjang mengajar seperti laptop, infocus dan printer.


Di akhir acara, walikota menyerahkan SK kepada Syamsurijal, S.Ag, sebagai ketua KKG PAI periode 2021-2025. 

Dengan demikian, Syamsurizal menjabat sebagai ketua KKG PAI dua periode, lantaran juga menjabat di periode sebelumnya 2017-2021. 


Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd, Kabag Kesra, Ade Afdil, S.Pd.I Datuak Bindurun, dan pejabat terkait lainnya. (syam)