JUT Tata Ekonomi Petani Desa -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

JUT Tata Ekonomi Petani Desa

Selasa, 23 Februari 2021


Kapuas – Infrastruktur menjadi Target utama TNI dalam melaksanakan Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke – 110 Kodim 1011/ KLK yang dilaksanakan di Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Petak. Beberapa sasaran fisik telah menjadi target dari program TMMD 110 termasuk Renovasi Masjid dan Renovasi Jembatan.


Kualitas pembangunan tentu sangat diutamakan untuk menjaga kekuatan serta awetnya sarana umum tersebut agar tidak mudah rusak. Meskipun pekerjaan tersebut dilakukan secara gotong royong, namun dengan arahan dari pimpinan, semua pekerjaan sesuai dengan gambar yang sudah dibuat sehingga sarana umum tersebut hasilnya benar – benar bagus sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. 

Pengerjaan Sarana fisik tersebut   tidak boleh mengecewakan warga Desa Saka Lagun, karena sarana tersebut akan menjadi   kepentingan umum bagi masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari – hari.  Dengan pekerjaan yang maksimal tentunya akan memuaskan semua pihak. 


“Apalagi tujuan dari program ini untuk kesejahteraan masyarakat,berarti hasil dari pekerjaan tersebut harus memuaskan seluruh masyarakat Desa Saka Lagun, tentuya harus dapat membangun ekonomi  warga secara menyeluruh,” kata Kades Saka Lagun Zulkifli, Senin (22/2/21).


Dirinya melanjutkan, dengan dibuatnya Jalan Usaha Tani di Desa Saka Lagun tersebut dipastikan kedepan dapat memperlancar semua aktifitas warga dalam bidang perekonomian, termasuk pertanian maupun Perdagangan. Karena selama  ini infrastruktur merupakan kendala utama warga untuk beraktifitas sehingga untuk mengembangkan ekonomi juga masih terkendala


Sementara itu, menurut Japran Ketua RT 05 Desa Saka Lagun mengatakan,”Roda perekonomian masyarakat akan dapat berkembang lebih cepat dibandingkan sebelumnya terutama para petani, karena dulkungan infrastruktur jalan yang pastinya nanti akan lebih memadai untuk beraktifitas.Karena dengan jalan tersebut warga menjadi lebih mudah untuk berkarya dan akan mempermudah semua  kegiatan perekonomian.”


Dengan Jalan Usaha Tani yang sudah mulai dikerjakan tersebut tentu akan menjadi tahapan penting bagi warga desa dalam peningkatan pembangunan serta pengembangan ekonomi secara berkelanjutan. (*)