Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Agam -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Agam

Senin, 01 Februari 2021
Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung jadi orang pertama penerima  suntikan vaksin Covid- 19.

Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto laksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 di aula kantor Bupati Agam, Senin (1/2)


Pada kesempatan ini, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung menjadi yang pertama penerima vaksin. Penyuntikan vaksin juga dilakukan kepada sejumlah relawan yang berasal dari unsur Forkopimda, OPD, dan jajaran kesehatan.


Sementara itu Martias Wanto, rencananya  menerima vaksin pertama, tidak jadi karena yang bersangkutan diagnosa hipertensi, yang diketahui saat menjalani pemeriksaan kesehatan.


Sekda Agam itu menyampaikan, sudah dua kali pemeriksaan kesehatan, kondisi tekanan darah masih tinggi, sehingga dia batal sebagai penerima vaksin pertama.


Saat pemeriksaan tekanan darah kedua kalinya ada penurunan dibanding yang pertama, namun masih belum memenuhi standar untuk divaksin. "Kalau tidak hari ini, insya Allah besok pagi akan diupayakan bisa divaksin, karena secara pribadi saya siap untuk divasin," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra mengatakan, ada beberapa faktor orang yang tidak dapat divaksin diantaranya alami hipertensi.


Menurutnya, hipertensi terjadi akibat stres atau kelelahan.Jika vaksinasi masih tetap dilaksanakan, maka akan beresiko kepada penerima vaksin itu sendiri.


Meski Sekdakab Agam batal penerima vaksin pertama, namun sejumlah Forkopimda dan OPD berhasil menjalani vaksinasi tersebut.


Dalam pelaksanaan vaksin ini tidak ada alami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).


Namun, ulasnya, apabila terjadi KIPI pihaknya sudah mengantisipasi hal itu. Tenaga dan peralatan telah disiapkan diseluruh puskesmas.


“Kita juga bekerjasama dengan rumah sakit, apabila butuh rujukan maka rumah sakit langsung menerima dan melayani dengan baik,” jelasnya. (Yanto)