KPU Payakumbuh Apresiasi Kinerja PPS. Kelurahan OTS sebagai Partisipasi Terbaik -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

KPU Payakumbuh Apresiasi Kinerja PPS. Kelurahan OTS sebagai Partisipasi Terbaik

Selasa, 02 Februari 2021
Camat Payakumbuh Utara, Desfita Warni serahkan penghargaan 

Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar KPU di beberapa daerah di Indonesia, telah berakhir. Meski sebagiannya masih melalui tahapan penyelesaian sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi. Namun sebagian daerah berlangsung lancar. 


Yang pasti, tahapan pemilihan di lapisan masyarakat sudah berjalan sukses dengan berbagai indeks partisipatif. Secara nasional indeks partisipatif warga oleh KPU 77,5 %. Namun, karena pandemi covid-19, target tersebut belum sepenuhnya tercapai. 


Dikaji secara sempit, pelaksanaan Pilkada untuk Gubernur Sumatera Barat di Kota Payakumbuh berlangsung lancar. Menurut Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal melalui komisionernya Nofal Ardi, pada Selasa (02/02/2021) menyebutkan bahwa pemilihan gubernur di Kota Payakumbuh berlangsung lancar dengan indeks partisipatif sekitar 51%. Tahapan kerja KPU Kota Payakumbuh menurut Nofal adalah menuntaskan laporan pelaksanaan. 


Menurut Nofal, sukses tersebut tak terlepas dari kesadaran aplikasi nilai dan semangat berdemokrasi masyarakat. Disamping itu, kata Nofal. Semua itu juga sebagai bukti kinerja Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dan kinerja tersebut perlu kita apresiasi setelah kita lakukan evaluasi. 


"Usai Kita lakukan evaluasi kinerja PPS untuk 5 kecamatan, maka KPU Kota Payakumbuh secara wajar memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada PPS terbaik di 5 kecamatan. Kita libatkan camatnya,"terang Nofal. 


Dikatakan Nofal, proses evaluasi kinerja PPS dimulai tanggal 17 - 24 Januari 2021 di 5 tempat berbeda. 


"Ada 3 kriteria pemberian apresiasi kinerja PPS kecamatan, yaitu PPS dengan penyampaian data terbaik. Selanjutnya, PPS dengan data pemilih terbaik, dan PPS dengan partisipasi masyarakat terbaik. Apresiasi tersebut telah kita berikan beserta plakatnya. Terima kasih atas pengabdiannya, semoga untuk pemilihan umum mendatang semakin lebih baik dan meningkat kinerjanya. 


Terpisah, Ketua PPS kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), Desi Irawani saat dimintai keterangan menyebutkan bahwa PPS OTS mendapatkan prediket PPS dengan Partisipasi masyarakat terbaik tingkat Kecamatan Payakumbuh Utara. Dengan indeks 62% di tingkat kecamatan. Penghargaan dari Ketua KPU Kota Payakumbuh diserahkan oleh Camat Payakumbuh Utara saat kegiatan evaluasi kinerja PPS kecamatan Payakumbuh Utara yang diselenggarakan di objek wisata Danau Singkarak tanggal 17 Januari 2021, lalu. 


"Perhargaan ini tentunya menjadi amanah dan PR bagi kita, bagaimana kedepan semakin profesional menjalan tugas,"terang Desi Irawani didampingi Firma Monika dan Trivosoni, Selasa sore di Aula kantor Lurah OTS.(ul)