Pemkab Lima Puluh Kota Laksanakan Vaksinasi Covid-19 -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pemkab Lima Puluh Kota Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Senin, 01 Februari 2021
Ketua DPRD Deni Asra mendaftar untuk divaksin covid-19


Sarilamak, fajarsumbar.com --- Bertempat di halaman kantor Bupati Lima Puluh Kota di Bukit Limau Kenagarian Sarilamak, Pemkab Lima Puluh Kota melaksanakan vaksinasi covid-19 yang diikuti forkopimda setempat, Senin (01/02/2021)


Dalam undangan yang disebarkan Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi melalui Dinas Kesehatan, vaksinasi covid-19 siang ini ditujukan untuk forkopimda, Kepala OPD, Ketua MUI, Kepala BPJS, Ketua organisasi profesi, perwakilan milenial, Ketua LKAAM, dan undangan. Kegiatan tersebut sengaja mengundang awak media. 


Namun, dari undangan tersebut ada yang tidak hadir mengikuti vaksinasi yang merupakan program nasional ini. 


Dalam sambutannya, Bupati Irfendi Arbi diwakili Kepala Dinas Kesehatan Tien Septino menyampaikan bahwa ada 4 tujuan vaksinasi covid-19.


"Tujuan vaksinasi covid -19 adalah untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat covid-19. Selanjutnya meningkatkan kekebalan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Memperkuat sistem kesehatan dan meningkatkan produktifitas, meminimalkan dampak dari covid-19,"sebut Tien. 


Dikatakan Tien, vaksinasi covid-19 yang bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh, selanjutnya bisa memutus penyebaran virus. Vaksin Donovan yang dipakai saat ini sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak berwenang. 


"Proses vaksinasi covid19 ada bebeberapa tahapan yaitunya,  tahap pertama untuk petugas kesehatan  tahap kedua untuk pelaku layanan publik. Tahap ketiga untuk masyarakat beresiko atau rentan, dan keempat untuk masyarakat lainnya, sesuai ketersediaan vaksin. Dengan pemberian vaksinasi ini  kita berdoa semoga covid-19 segera berakhir,"ulasnya. 


"Akhirnya, Kami tiada bosan menghimbau agar masyarakat selalu disiplin dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid -19, melalui 5M. Yaitu Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan air mengalir  Mamakai masker, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari kerumunan. Marilah Kita ikuti proses vaksinasi ini. Insyaallah aman,"pungkasnya. 


Di lokasi kegiatan vaksinasi, ada 4 tahapan yang akan dijalani peserta  yakni tahapan pendaftaran, tahapan scerening kesehatan  vaksinasi, dan meja keempat sebagai lokasi pencatatan sekaligus lokasi pemantauan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) serta penyerahan kartu vaksinasi. 


Dari sekian banyak peserta, Dandim 0306/50 Kota, Letkol Kav Ferry Lahe yang pertama kali menerima vaksin, dilanjutkan Ketua DPRD Deni Asra dan Kapolres Lima Puluh Kota dan Kepala OPD, serta tokoh milenial. Dari pantauan di lapangan, Kajari dan Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati tidak lolos screning, berhubung tensi tinggi dan kesehatan tidak memungkinkan. 


Ketua DPRD sesalkan peserta yang tidak hadir

Usai menerima vaksinasi, Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra menghimbau agar seluruh anggota DPRD Lima Puluh Kota mengikuti vaksinasi. Karena itu merupakan program nasional. Dirinya juga menyesalkan peserta vaksinasi yang tidak hadir. 


"Kita menyesalkan ada peserta yang tidak ikut divaksin, seperti Bupati, Wakil Bupati dan Sekda. Mereka tak terlihat di lapangan. 

Informasinya, Bupati sakit/demam tinggi. Itu informasi dari Kadis kesehatan. Sangat disayangkan, sebetulnya yang mengundang pemda. Tapi Bupati, Wabup dan Sekda tidak hadir. Harusnya merekalah di garda terdepan untuk mensukseskan pencanangan vaksinasi covid-19.


Terpisah, Wakil Bupati Ferizal Ridwan saat dikomfirmasi atas ketidakhadirannya di lokasi kegiatan, melalui WA pribadinya.


"Maaf, saya sangat mendukung kegiatan ini. Namun ada hal yang sangat disayangkan. Namun tidak usah ditliskan di media publik ini,"singkat Buya Feri. (ul)