Penanaman 100 Ribu Pohon Tandai Launching "City Environmental Sustainability" -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Penanaman 100 Ribu Pohon Tandai Launching "City Environmental Sustainability"

Jumat, 19 Februari 2021
Bahagian dari penanaman 100 pohon program City Environmentql Sutainablity di SMA 3 Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ditandai penanaman 100 ribu pohon secara simbolis, SMAN 3 Padang Panjang resmi melaunching program "City Environmental Sustainability". Program ini bekerja sama Lyceum International School Sri Lanka yang berada di bawah United Nation, Kamis (18/2).


"Program City Environmental Sustainability ini diadakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan hidup kepada siswa sekolah dan masyarakat pada umumnya. Dengan tujuan alam dapat terjaga dengan baik. Sebab, kalau lingkungan alam tidak dijaga dengan baik, akan menjadi musibah besar di kemudian hari," kata Kepala SMAN 3, Devi Hariyanti, S.Pd, M.Pd.


Dia menjelaskan, untuk penanaman 100 ribu pohon ini, dilaksanakan di sekolah-sekolah yang tergabung dalam kerjasama program City Environmental Sustainability. 

Di antaranya SMAN 3, Lyceum International School Sri Lanka, United Kingdom, serta India dan Pakistan.


"Jadi penanaman 100 ribu pohon ini bukan menumpuk pada SMAN 3 saja. Tapi semua sekolah yang  tergabung  dalam program kerjasama ini," jelasnya.


Devi mengatakan, sebelumnya program ini pada tahap awal sudah melakukan beberapa kegiatan yang men-support hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup.


Di antaranya, pembuatan video clip dengan tema save the planet yang sudah ditayangkan di kanal YouTube di negara-negara yang tergabung dalam kegiatan ini. Serta daur ulang bahan limbah menjadi tempat penanaman bunga, pohon kecil dan sebagainya.


"Kami berharap program kerjasama internasional ini dapat berjalan berkesinambungan dan mendapatkan support dari pemko," harpny.


 Walikota, Fadly Amran  yang me-launching program tersebut, mengapresiasi SMAN 3 yang telah melakukan program kerjasama dengan sekolah-sekolah luar negeri untuk membuka wawasan siswa-siswi lebih luas lagi.


"Di sini kita bisa lihat bukan hanya wacana saja. Tetapi anak-anak ini bersama dengan pihak sekolah dan jajaran dinas sudah merealisasikannya. Kita sangat men-support sekali kegiatan-kegiatan seperti ini," ucapnya.


Fadly mengatakan, kegiatan yang dilakukan SMAN 3 kali ini, merupakan bentuk esensi dari program merdeka belajar yang telah dibuat Kementerian Pendidikan. Di mana anak murid bisa menggali dan mengekspor kebisaan mereka di segala bentuk kegiatan.


"Ini adalah tanggung jawab kita sebagai pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini," ujarnya.


Launching  turut dihadiri, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar, Mesra, Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Provinsi Sumbar, Mardison, S.Pd, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd dan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili, Kabid IKP, Maryulis Max. (syam)