Polres Sawahlunto Selidiki Kasus Kebakaran di PLTU Ombilin -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Polres Sawahlunto Selidiki Kasus Kebakaran di PLTU Ombilin

Rabu, 17 Februari 2021
(dok.polres sawahlunto)

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Pipa karet hitam untuk perbaikan saluran air PLTU Ombilin Sijantang Koto, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto terbakar, Rabu (17/2/2021) siang.


Berdasarkan Laporan Kejadian Nomor : LK/01/II/2021/Polsek, Kapolres Kota Sawahlunto AKBP Junaidi Nur, SH, S.IK mengatakan kejadian tersebut diketahui pukul 11.15 WIB bertempat di lokasi samping GI (Gardu Induk) PLTU Sijantang terjadi kebakaran pipa karet hitam untuk perbaikan saluran air PLTU Sijantang. 


Dikatakan Kapolres, kronologi kejadian berawal sekira pukul 11.15 Wib, saksi saat itu berada di jembatan timbangan yang tidak jauh dari lokasi TKP (Tempat Kejadian Perkara) kebakaran di Samping Gardu Induk PLTU Ombilin.


"Saksi yang saat itu hendak pulang untuk istirahat makan siang kemudian melihat api di tempat pembuangan sampah telah membesar yang menjalar ke tempat penyimpanan pipa sementara", sebut Kapolres dalam rilis yang diterima media ini.


Selanjutnya, terang Kapolres, saksi hendak menyiram dengan air yang ada, kemudian saksi melihat ada ledakan kecil di bagian pipa yang terbakar, melihat kejadian tersebut kemudian saksi menghubungi via handphone Pengawas Cleaning dan Koordinator Cleaning, selanjutnya satu unit mobil pemadam kebakaran milik PLTU ombilin berusaha memadamkan api yang semakin membesar.


"Akibat dari kejadian tersebut beberapa buah pipa saluran pendingin yang terbuat dari bahan karet terbakar sehingga menimbulkan api yang cukup besar, dugaan sementara api berasal dari tempat pembuangan sampah yang dekat dengan tempat penyimpanan pipa sementara kemudian menjalar ke pipa pendingin tersebut," ungkapnya.


Dijelaskannya, sebanyak 2 unit mobil pemadam kebakaran milik pemko sawahlunto dan 1 unit mobil pemadam kebakaran milik PLTU Ombilin diterjunkan untuk memadamkan api .


Dalam kejadian tersebut api dapat dipadamkan sekira pukul 13.45 Wib, situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali. Untuk kerugian sampai dengan saat ini belum bisa dipastikan. 


"Dalam hal ini Polres Sawahlunto masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran dengan tindakan olah TKP dan interogasi saksi-saksi", tandasnya. (*/anton)