Rumah Tahfidz Batusangkar Resmi Jadi Binaan Pemda Tanah Datar -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Rumah Tahfidz Batusangkar Resmi Jadi Binaan Pemda Tanah Datar

Senin, 01 Februari 2021
.

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Rumah Tahfidz Batusangkar (RTB), yang beralamat di Jorong Lantai Batu, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, terpilih dan diresmikan menjadi Rumah Tahfidz binaan Pemerintah Daerah Tanah Datar untuk wilayah Kecamatan Lima Kaum. Acara tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Tanah Datar melalui Kabag Kesra Kabupaten Tanah Datar Afrizon, Minggu (31/1/2021) sore, sekira pukul 17.00 Wib. 


Kabag Kesra mengatakan, dipilihnya  Rumah Tahfidz Batusangkar sebagai binaan Pemda mewakili Rumah Tahfidz yang ada di Kecamatan Lima Kaum setelah dilakukan berbagai penilaian sebelumnya. RTB ini berdiri Juni 2017 dan satu bulan langsung di daftarkan ke Pemda Tanah Datar, maka RTB teregister dengan nomor 23 dari 206 Rumah Tahfidz di Tanah Datar. 


"Penilaian yang dilakukan diantaranya, tingkat partisipasinya yang luar biasa, administrasi yang bagus dan jelas, pengelolaan management yang jelas. Dari 3 Rumah Tahfidz yang diusulkan Lima Kaum untuk jadi binaan Pemda, maka terpilihlah RTB ini,” jelas Kabag.


Nantinya, selama tahun pembinaan tersebut, Pemda akan membantu RTB dalam bidang operasional sebanyak Rp 5 juta per tahun. Selain itu, juga akan dibantu insentif guru ngaji sebesar Rp 1 juta setiap bulan untuk dua orang. 


Sementara itu, Ketua Pengurus RTB Riki Novaldi mengatakan, awal berdirinya RTB ini merupakan hasil kesepakatan dan inisiatif dari para alumni SMA1 Batusangkar angkatan 1994, baik yang ada di Tanah Datar maupun di perantauan, untuk melahirkan anak-anak penghafal Al Qur’an yang berasal dari Tanah Datar.


"Seiring berjalannya waktu kami berkabolorasi dengan wali santri, para donatur alumni SMA 1 Batusangkar secara keseluruhan, baik di Tanah Datar maupun di perantauan. Dan Alhamdulillah santri kita sekarang sudah berjumlah 50 orang," ucap Riki. 


Acara ini dihadiri Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, KUA Lima Kaum, Ketua FKRT Lima Kaum, Wali Nagari Baringin, Wali Jorong Lantai Batu, Pengurus RTB, alumni SMA 1 angkatan 94, para wali santri, dan anak-anak kami santri dan santriwati. (fdy)