UT Jadi Leading Institution Belajar Jarak Jauh -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

UT Jadi Leading Institution Belajar Jarak Jauh

Minggu, 21 Februari 2021
Prof.Dr.Karnedi MA

Padang, fajarsumbar.com - Universitas Terbuka (UT) menjadi leading institution belajar jarak jauh. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut kini menjadi percontohan belajar daring (dalam jaringan) di tengah pandemi Covid-19 oleh perguruan tinggi lainnya.


Hal itu dibenarkan Direktur UT Padang, Prof.Dr.Karnedi MA, kepada fajarsumbar.com seusai upacara penyerahan ijazah periode I tahun 2021 secara daring dan luring di aula kantor UT Padang, Minggu (21/2/2021).


Menurutnya, pada umumnya perguruan tinggi negeri maupun swasta melaksanakan belajar secara daring, karena mewabahnya pandemi Covid-19 ini. Mau tak mau perguruan tinggi menerapkan belajar jarak jauh melalui jaringan untuk memutus mata rantai Covid-19.


Bagi UT belajar dalam jaringan itu sudah diterapkan sejak 80-an, karena memang perguruan tinggi tersebut menerapkan belajar sistem pembelajaran tanpa harus bertatap muka. Hal itu untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada mereka yang sibuk bekerja, mahasiswa bisa mengatur jadwal kuliahnya sendiri.


Karnedi menambahkan, sebagai etalase pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di Indonesia, UT telah memiliki beragam jenis layanan bantuan belajar online learning yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya mahasiswa masa kini. Seperti Tutorial Online (Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), Tutorial Radio, tutorial TV dan praktik online (Praton).


Demikian juga untuk mengukur capaian kompetensi mahasiswa, tersedia beragam jenis ujian yang dapat dipilih, seperti ujian paper based, ujian online dan ujian online proctoring. 


Dari sisi produk akademik, mahasiswa dapat memanfaatkan bahan ajar digital, bahan ajar digital interaktif, bahan ajar bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus, disamping bahan ajar cetak. 


Semua fasilitas dan layanan yang tersedia, dikembangkan dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi, sehingga daya jangkau Universitas Terbuka semakin meluas dan dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa.


"Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, bahkan beberapa negara dunia, maka PT melaksanakan kuliah secara daring. UT telah sejak 80-an menerapkannya. Jadi UT kini jadi percontohan di perguruan tinggi lainnya untuk belajar jarak jauh," ujar putra Solok tersebut.


Diakui, UT telah memiliki pengalaman puluhan tahun sebagai PTN yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Sistem pendidikan ini dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswanya karena sifatnya yang fleksibel, dan dapat menjangkau hingga ke seluruh pelosok negeri.


UT sebagai kampus yang fleksibel, ‘kampus rakyat’ dalam arti dapat menjangkau yang tidak terjangkau, ditambah dengan pengalaman UT sebagai pelopor distance learning.


UT meningkatkan layanan pendidikan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terkini, agar mampu menjangkau seluruh kalangan dimana pun dan kapan pun tanpa kendala. (ab/roni dz)