Musrenbang RKPD Diharapkan Mampu Merecovery Ekonomi Masyarakat -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Musrenbang RKPD Diharapkan Mampu Merecovery Ekonomi Masyarakat

Rabu, 07 April 2021
Musrenbang Kota Padang Panjang


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padang Panjang Tahun 2021 berlangsung  Selasa (6/4) di balaikota dan dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran di Hall Lantai III Balaikota, Selasa (6/4).


Walikota menyampaikan, Musrenbang adalah proses penganggaran yang partisipasif, tentunya juga menyediakan ruang bagi masyarakat dan pemangku kepentingan menyuarakan kebutuhan mereka kepada pemerintah daerah. 


Proses Musrenbang sebelumnya telah dilalui mulai dari tingkat RT, kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota.


Musrenbang RKPD Padang Panjang, katanya, dapat berkomitmen untuk menyeimbangkan prinsip pembangunan antara fisik dan non fisik. Kegiatan pembangunan yang mengarah pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik.


“Pembangunan yang mengarah pada penyediaan infrastruktur tersebut, guna untuk mempermudah akses masyarakat dalam pelayanan. Tentu juga harus didukung dengan pembangunan bidang non fisik, terutama pembangunan sumber daya manusia (SDM), peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta pengurangan masyarakat miskin,” tutur Fadly.


Hal tersebut sesuai dengan tema yang diangkat "Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas SDM untuk mewujudkan Padang Panjang Sejahtera". Dengan begitu, tambahnya, penyusunan RKPD tidak lepas dari keikutsertaan peran masyarakat.


 Kepala Bappeda, Rusdianto, S.IP, MM mengutarakan, Musrenbang tingkat kota merupakan wahana antara pihak yang langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan OPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipasif perencanaan pembangunan daerah.


Musrenbang RKPD membahas rancangan yang memuat prioritas pembangunan, arah kebijakan dan sasaran pembangunan serta sinkronisasi dengan usulan masyarakat dari musrenbang yang telah dilakukan sebelumnya. (syam)