Sambut Ramadhan dengan Perbanyak Amaliyah -->

IKLAN MGID ATAS

Sambut Ramadhan dengan Perbanyak Amaliyah

Senin, 12 April 2021
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Agam Edi Oktafiandi bersamaanggota PWI Agam


Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Kabupaten Agam, Edy Oktafiandi mengimbau masyarakat dalam kegembiraan  menyambut Ramadhan, tinggalkan euforia keduniawian dan mengganti dengan memperbanyak melakukan amaliyah


Dalam hal ini Kemenag Agam telah memulainya dengan mencanangkan lima gerakan Al-Qur'an. Pertama gerakan tilawatil Al- Qur'an (membaca Al-Qur'an), kedua Tafizul Alqur'an (menghafal Al-Qur'an), ketiga Fahmul Al-Qur'an (pemahaman Alqur'an ), keempat mendakwahkan Al- Qur'an dan kelima mengamalkan Al-Qur'an.


Edi Oktafiandi menambahkan, untuk lingkungan Kemenag sendiri, pihaknya mewajibkan setiap pegawainya mengkhatamkan Al;-Qur'an satu juz satuhari


"Untuk ASN di lingkungan Kemenag diwajibkan masing  - masing pegawai khatam Al-Qur'an satu juz satu hari, kita akan menunjuk dua orang sebagai tempat setoran bacaan Al-Qur'an," katanya di kantor PWI Agam, Senin (12/4/2021).


Tidak itu saja Kemenag Agam memiliki 12 program inspiratif selama bulan Ramadhan 1442 Hijriyah untuk memperkuat spiritual umat kedepan


"Sebanyak 12 program itu berupa tharah masjid, rukyatul hilal atau menentukan masuk Ramadhan dan tadarus Al quran di masjid atau tadarus mandiri secara online satu jus tuntas setiap hari.


Ada juga pengalangan infak, sedekah setiap hari, zakat fitrah, wakaf Al Quran  untuk memenuhi kebutuhan  umat, karena Kemenang tidak melakukan pengadaan Al Quran semenjak beberapa tahun lalu.


"Ramadhan tahun ini kita menargetkan membagi dan mengumpulkan Al-Qur'an sebanyak - banyaknya untuk masyarakat, melakukan  dakwah online dalam bentuk ceramah empat sampai lima menit dan membuat rekaman vidio yang disebarkan ke komunitas dan group WhatsApp," ujarnya.


Disamping dakwah online, juga dakwah langsung dua kali setiap minggu, melakukan safari Ramadhan, peringatan Nuzul Qur'an, khatam Qu'ran, takbiran bersama, buka bersama, Shalat Idul Fitri dan silaturahmi dengan mantan Kepala Kemenag Agam.


Dalam pelaksanaan seluruh kegiatan tersebut, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, karena pandemi belum lagi selasai.


Semua program adalah bentuk dukungan terhadap visi dan misi Kementerian Agama, yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong," tutupnya. (Yanto)