Anggota DPRD Yendri Susanto Desak Pemkab Solsel segera Keruk Anak Sungai Pangkua -->

IKLAN MGID ATAS

Anggota DPRD Yendri Susanto Desak Pemkab Solsel segera Keruk Anak Sungai Pangkua

Kamis, 20 Mei 2021
Kondisi rumah warga saat banjir melanda sejak tadi malam di Nagari Pakan Rabaa Tengah langsung ditinjau anggota DPRD Solsel Yendri Susanto.


Solsel, fajarsumbar.com - Hujan yang turun tiada hentinya sejak tiga hari belakangan ini di Solok Selatan, mengakibatkan sejumlah anak sungai meluap. Empat rumah terendam air di Jorong Sungai Pangkua, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan.


Satu lagi di Nagari Sako Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, meluapnya kedua anak sungai pangkua dan batang lolo ini, Rabu (19)5/2021), sekira pukul 22.00 Wib.


Mendapat informasi Camat KPGD Syahrul Munir malam itu langsung kelokasi dan menginformasikan kejadian ini kepada BPBD Solok Selatan.


Malam itu juga anggota DPRD Solok Selatan Yandri Susanto langsung meninjau lokasi banjir.


Tim TRC BPBD Solok Selatanpun malam itu langsung bergerak menuju kelokasi bencana banjir, dengan menurunkan sejumlah personil dan peralatan, u tuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.


Kepala BPBD Solok Selatan Richi Amran melalui Kabid Kesiapsiagaan Romi mengatakan, tim BPBD akan segera melakukan pembersihan hingga keesokan harinya.


Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, empat buah rumah terendam air, tiga di Sei Pangkua dan satu di Mudiak Lolo, Nagari Sako, atas nama Jasra, Anwar, Deki dan Darnius di Jorong Mudiak Lolo Barat, Nagari Sako, tidak ada korban jiwa saat kejadian.


Sementara itu Camat KPGD Syahrul Munir yang tiba dilokasi mengatakan, penyebab banjir di Sungai Pangkua adalah terjadinya pendangkalan di anak sungai dan jalan satu satunya pengerukan anak sungai.


" Anak sungai Jorong Sungai Pangkua itu sidah selayaknya dikeruk, karena posisi sungai sudah tinggi dari jalan," harapnya.


Kepala.BPBD Solok Selatan Richi Amran mengatakan, pihaknya akan membantu membersihkan lokasi ini hingga tuntas, dan akan membicarakan hal ini kepada bupati, mudah mudahan pemerintah daerah.melalui bupati aoan segera merespon.


Anggota DPRD Solok Selatan Yendri Susanto berharap pemerintah daerah segera melakukan tindakan pengerukan anak sungai di kecamatan KPGD khususnya di Jorong Sungai Pangkua ini, karena anak anak Sungai Pangkua ini sudah banyak yang dangkal, dan penyebab banjir adalah pendakalan, dilokasi ini banyak penduduk yang berdomisili.(Abg)