Bupati Suhatri Bur Pimpin Rapat KLHS RPJMD Pd. Pariaman 2021-2026 -->

IKLAN MGID ATAS

Bupati Suhatri Bur Pimpin Rapat KLHS RPJMD Pd. Pariaman 2021-2026

Senin, 31 Mei 2021
.


Parit Malintang, fajarsumbar.com - Bupati Suhatri  Bur didampingi Wakil Bupati Rahmang memimpin rapat pelaksanaan rekomendasi arah kebijakan dalam penyusunan (Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021-2026 di Ruang Rapat Sekda, Senin (31/05/21).


Bupati Suhatri Bur mengucapkan terimakasih atas kajian yang dilakukan Dinas LHPKPP dan Tim Konsultan telah berjalan baik. "Tentunya kajian KLHS ini berguna untuk melengkapi RPJMD, dan dapat mengintegrasikan aspek lingkungan kedalam pengambilan keputusan, sehingga menjadikan rancangan RPJMD menjadi lebih baik" tegas dia.


Dalam rapat membahas tentang 5 isu strategis yang dijadikan pertimbangan dalam perancangan KLHS RPJMD Tahun 2021-2026 setelah dilakukan konsultasi publik oleh Dinas LHPKPP


Terutama rendahnya kapasitas pengelolaan sampah, penurunan kualitas air dan debit air sungai..Juga rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, banyaknya kegiatan usaha tanpa izin usaha dan izin lingkungan.


Kemudian, rendahnya penataan terhadap tata ruang, sehingga terjadinya ahli fungsi lahan, lemahnya koordinasi antar lembaga


Sementara itu, Kadis Dinas LHPKPP Kabupaten Padang Pariaman Yuniswan mengatakan telah melakukan kajian melalui konsultan indpenden dan telah menyusun arah rekomendasi kebijakan terkait isu strategis dimaksud.


Kata Yuniswan, terkait 5 isu strategis tersebut kita telah menyusun arah rekomendasi kebijakan. Diantaranya mengembangkan pengelolaan sampah melalui 3R, meningkatkan upaya pemeliharaan kualitas air, 


Kemudian, sebut Yuniswan, mengembangkan perencanaan berbasis ekosistem, mengembangkan sistem pelayanan terintegrasi. Juga mengembangkan perencanaan pembangunan berorientasi tujuan bersama dan terpadu.


Dalam rapat KLHS RPJMD Kabupaten Padang Pariaman 2021-2026 ini, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Arwinsyah dan beberapa Kepala OPD terkait. (saco)