Data BPS Bisa Diakses di Pojok Statistik Dinas Perpustakaan Padang Panjang -->

IKLAN MGID ATAS

Data BPS Bisa Diakses di Pojok Statistik Dinas Perpustakaan Padang Panjang

Rabu, 26 Mei 2021

 

Kepala BPS Pusat Dr.Suhariyanto bersama Walikota Padang Panjang Fadly Amran seusai peresmian Pojok Statistik pertama di Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com -Dengan diresmikannya Pojok Statistik di Perputakaan Kota Padang Panjang oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Dr. Suhariyanto bersama walikota, H. Fadly Amran, Rabu (26/5), menjadikan Padang Panjang sebagai kota pertama yang mempunyai Pojok Statistik di Indonesia.


Pojok Statistik berada di sisi kanan Gedung Perpustakaan. Begitu kaki dilangkahkan masuk ke Perpustakaan Daerah yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) itu, pandangan tertumbuk ke pojok bernuansa biru. Di situ, buku-buku data yang dirilis BPS berjejer tersusun rapi. Lengkap semua, data apa saja. Tak hanya dalam bentuk hard copy juga soft copy. Sudah didigitalisasi.


Kepala BPS  Padang Panjang, Arius Jonnaidi, SE, ME menjelaskan, Pojok Statistik ini merupakan suatu ruangan di Perpustakaan Daerah yang dimanfaatkan untuk melayani masyarakat dalam mengakses data BPS, baik itu data tercetak, maupun data digital. Di samping itu juga untuk literasi bagi masyarakat.


Untuk teknis masyarakat mendapatkan data dari Pojok Statistik tersebut, katanya, terintegrasi dengan sistem pelayanan perpustakaan. 


“Pengunjung yang sudah menjadi anggota perpustakaan maupun tidak, bila ingin mendapatkan pelayanan dari Pojok Statistik harus mendaftar dahulu  ke petugas yang ada di perpustakaan. Setelah itu baru mendapatkan pelayanan secara gratis,” tuturnya.


Di Pojok Statistik ini, masyarakat dapat mengakses seluruh data tercetak maupun digital dengan lengkap. Mulai dari data mengenai pertanian, industri, perdagangan, hotel restoran dan lain sebagainya.


“Data yang disajikan di Pojok Statistik ini jangkauannya bukan hanya Padang Panjang saja. Cakupannya nasional. Mulai dari provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia bisa diakses di sini,” sebutnya.


Dengan beroperasinya Pojok Statistik di Padang Panjang, Arius berharap, bisa dipergunakan dengan baik, agar masyarakat bisa mendapatkan data secara mudah dan cepat. Juga bisa dimanfaatkan untuk memperdalam pengetahuan dan informasi tetang apa itu data statistik. (*/syam)