HMI Dukung Tanah Datar jadi Kabupaten Tahfidz -->

IKLAN MGID ATAS

HMI Dukung Tanah Datar jadi Kabupaten Tahfidz

Kamis, 20 Mei 2021


Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat memberi sambutan pada kunjungan silaturahmi HMI Cabang Batusangkar. Dia mengajak organisasi kemahasiswaan itu bersinergi dalam membangun daerah. (ist)


Tanah Datar - Pemkab Tanah Datar amat menyadari, mahasiswa memiliki peran strategis di tengah-tengah masyarakat. Sebagai bagian dari intelektual, keluarga besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diajak bersinergi dalam memajukan daerah.


Ajakan bersinergi dalam upaya mendongkrak ekonomi daerah itu, disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian, saat menerima kunjungan silaturahmi Pimpinan Cabang HMI Batusangkar, awal pekan ini, di Gedung Indo Jalito Batusangkar.


Pada kesempatan itu, Richi turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Kantor Kesbangpol Irwan, dan Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar H. Afrizon.


"HMI diharap dapat menjadi salah satu mitra strategis untuk mendorong pembangunan di Tanah Datar. Organisasi ini diisi generasi muda intelektual yang diharap dapat mengambil peran. Beri kami masukan dan kritikan," ujar wabup.


Richi menyebut, dalam melaksanakan pembangunan untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dirinya bersama Bupati Eka Putra terbuka menerima kritikan yang membangun dan menawarkan solusi. Untuk itu, imbuhnya, pertemuan silaturahmi dan berdiskusi harus dilakukan secara intensif dan berkesinambungan.


Ditegaskan, sebagai wadah organisasi yang menekankan pada proses kaderisasi penerus kepemimpinan bangsa dan agama di masa mendatang, seluruh anggota HMI di Batusangkar harus bisa memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, terutama dalam rangka menggali ilmu, pengalaman, menempa diri, dan melahirkan ide-ide kreatif.


Di tengah pandemi Covid-19 yang kini masih melanda, tegas Wabup Richi, banyak perekonomian masyarakat yang terdampak, sehingga mengganggu upaya dan program peningkatan kesejahteraan yang telah dirancang pemerintah daerah.


"Ekonomi rakyat banyak yang terdampak. Kini pemerintah daerah berupaya melakukan akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi. Kami berharap, keluarga besar HMI Batusangkar dapat ambil peran dan memberi dukungan," ujarnya.


Ketua HMI Cabang Batusangkar Muhammad Syukri menjelaskan, pihaknya bertekad memberi dukungan kepada pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada, sekaligus siap menjadi mitra strategis yang kritis dalam melaksanakan berbagai program.


"Komitmen kita adalah memberi dukungan kepada pemerintah daerah, sekaligus menjadi mitra strategis yang kritis. HMI mendukung upaya percepatan pembangunan infrastruktur, pengembangan usaha ekonomi potensial, pariwisata, pertanian dan usaha lainnya sebagai solusi konkret mengatasi masalah yang dihadapi," ujarnya.


Bersamaan dengan itu, menurut dia, HMI juga berharap, pemerintah daerah dapat melanjutkan program menjadikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfidz, melahirkan seribu hafidz setiap tahun, dan mewujudkan cita-cita menghadirkan minimal satu orang hafidz/hafidzah di satu rumah.


Menurut Syukri, untuk mendukung program itu, HMI Cabang Batusangkar juga memiliki program kerja mendirikan rumah tahfidz yang dikelola para kadernya, sebagai salah satu langkah konkret mengimplementasikan misi HMI dalam mewujudkan visi keumatan dan kebangsaan.


"Saya mengajak seluruh kader HMI Cabang Batusangkar untuk mempersiapkan kekuatan besar, bahu-membahu dengan pemerintah, demi menjadikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfidzul Quran pertama di Sumatera Barat," katanya.(*)