Jalan Raya Lintau - Batu Sangkar Longsor -->

IKLAN MGID ATAS

Jalan Raya Lintau - Batu Sangkar Longsor

Senin, 17 Mei 2021

Batusangkar mengalami terban sepanjang sekitar enam meter. Jalan terban tersebut berada sekitar 50 meter sebelum Kelok Tamam, Puncak Pato dari arah Batusangkar. Karena itu, pengguna jalan diminta berhati-hati. (ist)

Batusangkar - Jalan raya Lintau - Batu sangkar mengalami terban sepanjang sekitar enam meter. Jalan terban tersebut berada sekitar 50 meter sebelum Kelok Tamam, Puncak Pato dari arah Batusangkar. Karena itu, pengguna jalan diminta berhati-hati.


Jalan tersebut pertama kali terban pada Rabu (12/5). Namun, karena intensitas hujan yang tinggi, jalan terban bertambah pada Sabtu (14/5) malam dengan membawa serta sebagian badan jalan. 


Aspal jalan ikut tergerus bersama tanah ke arah Nagari Baruah Bukik, Kecamatan Sungayang. Kondisi itu membuat jalan semakin sempit dan tak bisa dilewati dua arah. 


Menurut seorang warga, Ronal, pemuda setempat berusaha mengatur lalu lintas dengan membuka tutup jalan. 


“Pak bupati sudah meninjau jalan terban. Kemungkinan dinding tebing sebelah kiri diambil untuk memperluas badan jalan,” katanya.


Yul salah seorang pengguna jalan mengatakan, terbannya badan jalan  tersebut cukup mengganggu. Ia berharap kepada pemerintah setempat untuk memperbaikinya. “Ini jalur penting yang menghubungkan Batusangkar-Lintau,” katanya.


Yul mengungkapkanm jalur tersebut memang rawan terban. Dulu, sebelumnya daerah kawasan Pato memang rawan terjadinya longsor. Pemerintah kemudian bergerak cepat dengan membeton dinding bukit.


Namun sekarang ini, jalan yang terban.  Kalau tidak segera dikerjakan, dikhwatirkan badan jalan makin tergerus.


“Makin lama makin sempit. Mobil dengan ukuran dan bobot besar sebakinya tidak melewati jalan tersebut. Khawatirnya nanti memperparah rusaknya jalan,” tutupnya.(*)