Klaster Baru Penularan Covid-19 Muncul di Rutan, Kepala Daerah Wanti-wanti Agar Terapkan Prokes -->

Mgid Bawah Bapenda

Klaster Baru Penularan Covid-19 Muncul di Rutan, Kepala Daerah Wanti-wanti Agar Terapkan Prokes

Jumat, 07 Mei 2021
ilustrasi


Tanah Datar - Klaster baru penularan Covid-19 muncul di pusat Kabupaten Tanah Datar, persisnya di Rumah Tahanan (Rutan) Batusangkar. Ada 44 warga binaan dan sembilan petugas dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Rutan pun langsung lock down (terkunci untuk interaksi dengan pihak luar).


Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (5/5) malam,  memimpin rapat terbatas membahas persoalan itu. Rapat diikuti Ketua DPRD dan jajaran Forkopimda. Kesimpulannya, seluruh narapidana tetap berada di Rutan, baik yang konfirmasi positif maupun negatif, namun penempatan mereka langsung dipisah.


Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tanah Datar Yusrizal menjelaskan, ditemukannya kasus konfirmasi positif dari Rutan Batusangkar, bermula dari dua warga binaan yang dinyatakan terpapar. Temuan itu pun ditindaklanjuti dengan testing dan tracing terhadap seluruh warga binaan dan petugas. 


‘’Tindak lanjut ini kemudian memperoleh hasil sebanyak 44 orang warga binaan dan sembilan petugas terkonfirmasi positif. Bupati pun memerintahkan ditingkatkan testing dan tracing. Tidak masalah bila banyak kasus konfirmasi ditemukan, karena bisa diantisipasi lebih cepat,’’ kata bupati, sebagaimana ditirukan Yusrizal.


Jumlah warga Luak Nan Tuo dalam dua pekan ini yang dinyatakan konfirmasi positif Covid-19 memang mengalami peningkatan. Hingga Rabu (5/5), jumlah kasus sudah mencapai angka 1.507 orang, dengan 51 orang meninggal dunia.


Tambahan kasus meninggal dunia diperdapat berdasarkan data Rabu itu yang bertambah dua orang, yakni seorang ibu rumah tangga berusia 76 tahun, warga Jorong Gunung Seribu Nagari Tigo Jangko yang meninggal dunia di RSUD M. Ali Hanafiah. Kedua, seorang perempuan berusia 28 tahun dan berprofesi sebagai dosen, warga Jorong Kubu Rajo Nagari Limo Kaum, yang meninggal dunia pada 1 Mei di RSUD Achmad Darwis Kabupaten Limapuluh Kota.


Data hingga Kamis (6/5) pagi, sebanyak 1.507 warga Tanah Datar sudah terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 1.306 orang dinyatakan sembuh atau kembali negatif, 51 orang meninggal dunia, selebihnya menjalani perawatan dan isolasi di berbagai tempat. Hingga kemarin, masih tercatat suspek sebanyak 22 orang dan probable tiga orang.


Perawatan untuk warga Tanah Datar yang terkonfirmasi positif Covid-19 terpantau di RS Unand Padang  sebanyak lima orang, RSMOH Bukittinggi tiga orang, RSUP M. Djamil lima orang, RSAM Bukittinggi satu orang, RS Ibnu Sina Padang Panjang tiga orang, RSUD Padang Panjang satu orang, RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar enam orang, dan RS Ibnu Sina Bukittinggi tiga orang.


Seterusnya, dirawat di RS Ibnu Sina Payakumbuh sebanyak dua orang, RSUD Padang Pariaman tiga orang, dan RSUD Bukittinggi ada satu orang. Satu orang menjalani isolasi di RSUD Padang Panjang dan 122 orang isolasi mandiri. (ab)