Pegawai KPK Lulus TWK ASN Dilantik 1 Juni -->

IKLAN MGID ATAS

Pegawai KPK Lulus TWK ASN Dilantik 1 Juni

Senin, 10 Mei 2021
KPK


Jakarta, fajarsumbar.com - Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) rencananya akan dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Selasa, 1 Juni 2021 mendatang.


"Pertek [Peraturan Teknis] NIP dari BKN, SK dari KPK. Dilantik 1 Juni," ujar kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, melalui pesan tertulis, Senin (10/5/2021).


KPK telah menerima hasil asesmen TWK pegawai dari BKN pada 27 April 2021. Penyerahan hasil tes tersebut dilakukan di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).


Sebanyak 1.349 pegawai KPK mengikuti tes untuk alih status menjadi ASN sebagaimana diatur melalui Peraturan Komisi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai ASN.


Dari jumlah itu, ada 1.274 pegawai lembaga antirasuah dinyatakan memenuhi syarat usai lolos TWK sebagai syarat alih status menjadi ASN. Sementara 75 pegawai lainnya dinilai tidak memenuhi syarat sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Belum ada kejelasan nasib bagi 75 pegawai KPK tersebut. Diketahui, KPK saat ini sedang berkoordinasi dengan BKN dan Kemenpan-RB untuk menentukan nasib 75 pegawai yang dimaksud.


Selama masa koordinasi, Ketua KPK, Firli Bahuri berjanji tidak akan melakukan pemecatan.


Sementara di sisi lain, beredar potongan surat yang ditandatangani Firli perihal penonaktifan 75 pegawai tersebut. Namun, KPK menyatakan akan memeriksa keabsahan potongan surat tersebut.


Alih status ini merupakan konsekuensi dari berlakunya Undang-undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Status ASN dinilai sejumlah pihak akan melunturkan independensi pegawai yang berdampak pada konflik kepentingan saat menangani kasus. (*)