Pekerjaan Pengerukan Tiga Anak Sungai Di KPGD Oleh BPBD Solok Selatan Hampir Rampung -->

IKLAN MGID ATAS

Pekerjaan Pengerukan Tiga Anak Sungai Di KPGD Oleh BPBD Solok Selatan Hampir Rampung

Senin, 31 Mei 2021
Kabid Rehab Rekon BPBD Solok Selatan Irda Hendri

Solsel, fajarsumbar.com---Bencana yang selalu datang disaat hari hujan di Kabupaten Solok Selatan adalah meluapnya anak anak sungai, karrna banyak anak sungai di Solok Sekatan ini sudah tidak berfungsi lagi dan sudah terjadi pendangkalan, sehingga disetiap musim penghujan, sejumlah anak sungai selalu airnya meluap hingga keodalam rumah penduduk.


Tiga buah titik lokasi anak sungai yang selalu menjadi penyebab banjir itu sudah diperbaiki dan dilakukan pengerukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan.


Lokasi anak sungai yang selalu menjadi trauma warga adalah Sungai Batang Pangkua, anak Sungai Panduang, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, dan anak Sungai Batang Sipotu, Nagari Sako Utara, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Sekatan, (Sumbar).


Demikian Kabid Rehab Rekon RR BPBD Solok Selatan Irda Hendri, kepada Media ini diruang kerjanya, Senin (31/5/2021), lebih jauh Irda Hendri mengatakan, untuk peanggulangan pasca banjir itu pihak kami selalu siap siaga, dan ini juga merupakan tanggung jawab BPBD asalkan dananya stan by.


Sementara kepala BPBD Solok Selatan Richi Amran juga mengatakan, lokasi anak sungai yqng menjadi penyebab meluapnya air disaat hujan dibeberapa jorobg di KPGD itu sudah mulai dikerjaka.


Sungai Pangkua 100 persen, anak sungai oanduang 20 persen, selesai dalam dua hari lagi, sipotu 60 persen selesai dalam empat hari lagi


Sementara itu kami saat ini sedang mengajukan dana untuk pembelian beronjong kepada Balai Wilayah BWSS V Sumatera di padang.


300 unit beronjong Pabrikasi yabg akan dipergunakan untuk penahan tebing Sungai Batang Lolo, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan KPGD yang terjadi baru baru ini dan pengaman tebing Sungai Batu Tungau Pakan Rabaa, KPGD.Abg.(*)