Sehari Jelang Lebaran, Muslim M. Yatim Tetap Laksanakan Tugas sebagai Senator -->

IKLAN MGID ATAS

Sehari Jelang Lebaran, Muslim M. Yatim Tetap Laksanakan Tugas sebagai Senator

Rabu, 12 Mei 2021

Anggota DPD-RI Muslim M. Yatim bersama Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi. ist


Bukittinggi, fajarsumbar,com-Sehari menjelang Idul Fitri, anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim tetap menjalankan tugas sebagai senator. Mantan anggota DPRD Sumbar itu bersama Komite III DPD-RI melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kota Bukittinggi.

Kunker yang dilaksanakan Rabu (12/5) itu berkaitan dengan pengawasan pelaksanaan Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Muslim M. Yatim disambut oleh Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi dan Kepala Dinas Pendidikan setempat.

Komite III DPD-RI menjadi mitra bagi Kementrian Pendidikan yang kini sudah bergabung dengan Kemenristek. Implementasi UU Guru dan Dosen menjadi perhatian bagi Komite III DPD-RI.

UU No.14 Tahun 2005 sudah berusia lebih sepuluh tahun. Banyak hal yang harus dievuasi dari implentasi UU ini. "Guru dan dosen menjadi ujung tombak pendidikan. Karena itu, mereka harus mendapat perhatian," ujar Muslim M. Yatim.

Saat ini muncul wacana untuk merevisi UU Guru dan Dosen. Hal itu di antaranya terkait dengan beban mengajar yang mencapai 24 jam. Hal ini membuat guru dan dosen kurang memperhatikan siswa dan mahasiswanya. Tenaga guru dan dosen menjadi terkuras untuk menyampaikan materi pelajaran.

Persoalan lainnya adalah sertifikasi yang dihubungkan dengan insentif bagi guru dan dosen. Karena sertifikasi yang berkait dengan insentif, banyak guru dan dosen yang mengejar kuantitas saja tanpa memperhatikan kualitas.

Implementasi UU No.24 Tahun 2005 di Kota Bukittinggi menurut Muslim M. Yatim akan menjadi catatan untuk disampaikan dalam rapat Komite III DPD-RI dan rapat DPD-RI lainnya, maupun rapat dengan para mitra.(ar)