Kemitraan Kehutanan Karya Tani Muda Sawahlunto Seluas 137 Hektar Terbentuk -->

IKLAN MGID ATAS

Kemitraan Kehutanan Karya Tani Muda Sawahlunto Seluas 137 Hektar Terbentuk

Kamis, 03 Juni 2021

 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan Hutan lestari yang dilaksanakan dalam Kawasan Hutan Negara atau Hutan Hak/Hutan Adat yang dilaksanakan oleh Masyarakat setempat atau Masyarakat Hukum Adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Adat, dan Kemitraan Kehutanan.


Kemitraan Kehutanan Pemanfaatan Hutan Bukan Kayu atas nama Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Tani Muda yang berada di wilayah kerja UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Bukit Barisan seluas 137 hektar di Dusun Ujung Karang, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto terbentuk.


Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Tani Muda berbatasan dengan wilayah kerjasama, sebelah Barat Hutan Kemasyarakatan (HKm) Lurah Basuang, Utara PT Dasrat, Selatan Desa Sijantang Koto, Timur Desa Rantih.


Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Tani Muda terdiri 22 orang yang diketuai oleh Sherly Fitria Syalma, Wakil Ketua Andi Aswarman, Sekretaris Wildayanti, Bendahara Titis Dian Pangesti dan anggota.


Penetapan kelompok tani Karya Tani Muda ditandatangani oleh Kepala Desa Batu Tanjung Marwan, S.Pd tanggal 26 November 2020 dengan surat bernomor 400/198/BT-1/2020 dan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Batu Tanjung nomor 45/Kep/BT-I/2020.


Untuk perkembangan usaha kelompok tani muda akan melakukan pengembangan penyadapan Pinus, penanaman penghijauan kembali di daerah yang gundul dengan Pinus dan pembibitan kayu-kayuan lainnya.


Peningkatan lebih lanjut dalam pengembangan kelompok tani muda dalam kebutuhan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) terutama Rotan Mawi, Tabu-tabu dan Manau akan melakukan program penanaman dengan pembibitan rotan yang berada dalam kawasan hutan wilayah pengelolaan kemitraan dengan biji bibit disekitar wilayah kemitraan.


Naskah perjanjian kerjasama kemitraan kehutanan antara UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Bukit Barisan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Tani Muda Kota Sawahlunto.


Sebagai pihak pertama Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Bukit Barisan Kusworo, SP, M.Si dengan nomor 522.3/449/KPHL BB-2020 dan pihak kedua Ketua Kelompok Tani Hutan Karya Tani Muda Sherly Fitria Syalma dengan nomor 10/KTH-KTM/2020.


Diketahui oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Yozarwardi. UP, S.Hut, M.Si, Kepala Desa Batu Tanjung Marwan, S.Pd. SD dan saksi-saksi Cucu Sukarna, S.IP dan Zeptian Alex Vildiro, S.Hut, MM ditandatangani. (ton)