Solsel Salah Satu Daerah Penghasil Durian Terbesar di Sumbar -->

IKLAN MGID ATAS

Solsel Salah Satu Daerah Penghasil Durian Terbesar di Sumbar

Senin, 07 Juni 2021
Bupati, Wakil Bupati, Ketua.DPRD Solsel, saat.mencicipi buah durian


SOLSEL - Pemerintah Provinsi Sumbar menyebutkan, Kabupaten Solok Selatan salah satu daerah penghasil durian terbesar di Sumatera Barat, bahkan untuk pengembangan durian unggul Pemkab  menggelar Festival Durian tingkat kabupaten.


Diharapkan dengan telah didapatkan durian unggul khas daerah melalui legiata  fastival durian perdana ini, disarankan Pemprov Sumbar melakukan penembangan di sejumlah nagari di daerah Sarantau Sasurambi.


Ini merupakan festival yang pertama di Sumatera Barat, tentu kegiatan ini akan berlanjut bukan saja di Solok Selatan, akan tetapi diluar Solok Selatan, mengingat Sumatera Barat memiliki banyak tumbuhan tumbuhan seperti Durian.

Tim juri dari Balitbang, sedang melakukan penilaian

Kegiatan yang digelar Pemda Solok Selatan adalah satu wujud dan komitmen pemerintah, bagaimana menciptakan dan mewujudkan perekonomian Sumatera Barat, Solok Selatan pada umumnya dan sesuai dengan visi dan misi kedua kepala daerah.


Sasaran utamanya adalah meningkatkan perekonomian, tertuama disektor holtikultura, pertanian, perkebunan dan lain sebagainya


Tujuan bisa memperkenalkan buah durian lokal secara luas, memiliki nilai tersendiri, pengoahan durian yang semakin digemari masyarakat, banyak manfaat dari buah durian ini.


 Festival Durian Unggul, ribuan buah durian disajikan panitia

Ini juga merupakan wujud kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat melalui pertanian dan perkebunan, diharapkan acara ini akan bisa bernilai ekonomis.


Kabupaten Solok Selatan sudah ditetapkan oleh Gubernur Sumbar menjadi daerah pemasok durian terbesar di Sumatera Barat, maka dari itu pertahankan nama baik ini dan segera daftarkan u tuk diterbitkan legelitasnya.


"Nah, jika sudah didapatkan branding durian unggul daerah. Pak Gubernur berpesan agar Pemkab Solsel mengembangkan disetiap wilayah dan kemudian segera urus sertifikat paten," ungkap Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumbar, Nasir Ahmad saat membuka Festival Durian Solsel di Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Solok Selatam, (Sumbar) Senin (7/6/2021).


Usai launching  durian.diserbu warga.


Melalui sertifikat paten tersebut katanya, disisi harga tentu akan lebih tinggi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat pengembang durian di Solsel.


Sebab nilai rasanya terjamin, harum, enak dan memuaskan pecinta durian di tanah air nantinya. Kondi sekarang harganya dibawah standar rata-rata, karena belum menemukan durian unggul dengan mutu tinggi dan spesifik.


"Durian unggul yang spesifik ini perlu  juga dikomersil atau dikemas dalam bentuk penyajian makanan ringan. Kejar nilai ekonomisnya bagi pelaku UKM di Solsel," bebernya.


Sementara, Bupati Solok Selatan, Khairunas bermimpi untuk mewujudkan Solok Selatan sebagai kampung durian di Sumbar dengan telah didapatkan varian durian unggul dari hasil penilaian dewan juri yang akan di umumkan, Selasa (8/6/2021) di Pulau Mutiara.


Baik varian durian hijau, durian putih dan durian kuning. Tiga spesifik durian  ini akan dikembangkan di Solok Selatan untuk menggalakkan Solsel Sebagai daerah pengembang durian.


"Hadiah para pemenang durian unggul spesifik ini, rencana akan kita serahkan disaat peringatan HUT RI nantinya. Pemenang akan diundang dalam kegiatan upacara hari Kemerdekaan RI," beber didampingi Ny.Erniati Khairunas, Wabup Yulian Efi, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda dan para pejabat daerah


Bupati, ketua Dekranasda, ketua GOW saat mencicipi kuliner dari buah durian

Panitia Festival Durian Solok Selatan, Jhon Martos Ahda menyampaikan, awalnya akan digelar Festival Durian Tingkat Nagari, namun setelah berkoordinasi dengan Pemkab Solsel. Bupati Solsel menyambut dengan baik dan meminta panitia melakukan kegiatan Festival tingkat Kabupaten.


Kegiatan ini tidak melanggar protokol kesehatan, setiap pengunjung yang datang harus patuhi protokol kesehatan, pakai masker dan cuci tangan.


"Durian Unggul spesifik Solsel akan dikembangkan nantinya, dan kegiatan ini akan digelar setiap tahun atas permintaan Bupati," ucapnya. (Abg)