Anggota Polres Agam Selamatkan Hewan Langka -->

IKLAN ATAS

Anggota Polres Agam Selamatkan Hewan Langka

Senin, 05 Juli 2021
Hewan Kukang (Nycticebus coucang) ditemukan saat melintas jalan raya yang diamankan anggota Polres Agam.


Lubuk Basung - Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Sumatera Barat menerima penyerahan seekor satwa kukang (Nycticebus coucang) dari anggota Opsnal Satreskrim Polres setempat atas nama Briptu Yudi, Sabtu (3/7) malam.


"Kita mengucapkan terimakasih atas penyerahan satwa dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," kata Kepala Resor KSDA Agam, Ade Putra di Lubuk Basung, Minggu (4/7).


Ia mengatakan, satwa langka dan dilindungi itu ditemukan warga Surau Kariang, Nagari Lubuk Basung ketika melintas di jalan.


Takut satwa itu akan tertabrak kendaraan, warga bersama Briptu Yudi menangkapnya dan selanjutnya menghubungi petugas Resor KSDA Agam untuk menyerahkan satwa itu.


Petugas yang datang mengevakuasi satwa ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.


Hasil observasi, satwa berkelamin betina dan berusia dewasa, kondisi sehat dan tidak terdapat luka atau cacat.


"Satwa akan segera dilepasliarkan ke habitatnya di kawasan hutan konservasi," katanya.


Di internasional status konservasi kukang adalah terancam punah (endangered) dan masuk dalam klasifikasi Appendix I yang artinya tidak boleh dimanfaatkan untuk perdagangan.


Satwa itu masuk langka akibar perburuan dan habitat menyempit.


"Kukang penebar bibit buah-buahan, sehingga satwa itu sangat dibutuhkan," katanya.


Selama tahun ini, Resor KSDA Agam menerima tujuh ekor satwa dilindungi jenis kukang lima ekor, burung elang satu ekor dan anak buaya muara satu ekor dari warga Agam.


Pada 2020 sebanyak 12 ekor satwa jenis rangkong satu ekor, baniang tujuh ekor, kucing hutan dua ekor, kukang satu ekor, binturong satu ekor. (Yanto)