Sawahlunto Kampanyekan Pengendalian Sampah Plastik di Puncak Kegiatan HLH -->

IKLAN ATAS

Sawahlunto Kampanyekan Pengendalian Sampah Plastik di Puncak Kegiatan HLH

Rabu, 07 Juli 2021

Walikota Sawahlunto Deri Asta memberikan kunci Becak Motor secara simbolis kepada Kepala Desa Pasar Kubang Dermawan disaksikan oleh Kepala Dinas PKP2LH Adrius Putra di kegiatan puncak Hari Lingkungan Hidup se-dunia, Rabu (7/72021).

 

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Hari Lingkungan Hidup se-dunia ditetapkan setiap tanggal 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup se-dunia 2021 (world environment day) mengangkat isu tentang Restorasi Ekosistem. Dalam artian lain yaitu Ekosistem Sebagai Sumber Penghidupan.


Untuk peringatan hari lingkungan hidup tahun 2021 ini di Kota Sawahlunto, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Sawahlunto mengadakan beberapa kegiatan diantaranya:


Lomba melukis tong bekas cat bertema lingkungan hidup untuk pelajar SMP dan SMA, lomba foto lingkungan untuk masyarakat umum di Sawahlunto, jalan sehat bersama pasukan kuning tenaga honor kontrak, penyerahan bantuan sarana dan prasarana persampahan berupa becak motor roda-3 dan gerakan pembatasan penggunaan plastik.


Puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2021 di Kota Sawahlunto yang diperingati hari ini, Rabu 7 Juli 2021, ditandai dengan launching gerakan pengurangan sampah plastik.


Sawahlunto telah mempunyai Perwako Nomor 86 tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Plastik. Pada rapat-rapat dinas dihimbau untuk membatasi sampah plastik dan bawa tabung minum tumbler sendiri dari rumah


Inti dari Perwako Nomor 86 tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Plastik adalah pengurangan sampah plastik harus dimulai dari hulu/sumber sampah yaitu dari rumah tangga.


"Inilah momen kita. Kita tidak bisa mengembalikan waktu. Tapi kita bisa mengembalikan kondisi lingkungan, melalui berbagai aktivitas positif dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kita adalah generasi yang berdamai dengan alam," sebut Walikota Sawahlunto Deri Asta saat launching.


Melalui momentum Hari Lingkungan Hidup ini, diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan. 


"Mari kita bekerja, bahu-membahu, dalam satu arah vektor, bagi kemajuan bangsa ini. Jangan kontraproduktif, dan jangan menegasikan. Karena kita harus maju tanpa pilihan. Di 2030 itu puncak, apakah kita menjadi seperti apa. Begitulah situasinya dan itulah tantangan kita bersama," ajak Deri kemudian.


"Kami dari Dinas PKP2LH Kota Sawahlunto juga sampaikan ucapan terima kasih kepada dunia usaha yang telah berpartisipasi pada acara peringatan HLH tahun 2021. Ada PT. Bukit Asam, Bank Nagari, PT. Dasrat, PT. AIC Jaya, PLTU Ombilin dan lain sebagainya," ucap Kepala Dinas PKP2LH Adrius Putra penuh syukur. (ton)