WHO: 5 Provinsi RI Penuhi Standar Tes Covid-19 -->

IKLAN ATAS

WHO: 5 Provinsi RI Penuhi Standar Tes Covid-19

Jumat, 09 Juli 2021

ilustrasi


Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hanya lima provinsi di Indonesia yang memenuhi standar tes Covid-19, yakni satu penduduk per 1000 polulasi per pekan. 


Dalam laporan yang dirilis WHO per 7 Juli, lima provinsi itu antara lain DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Papua Barat, dan Riau. Angka tes lima provinsi itu melebihi standar WHO dalam tiga pekan terakhir. 


Deteksi kasus minimum ini dicapai di DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Barat Papua dan Riau selama tiga minggu terakhir," demikian bunyi laporan WHO, Kamis (8/7/2021). 


Meski demikian, dalam laporannya, WHO mencatat tingkat positivity rate atau rasio positif di lima provinsi tersebut masih berada di atas 5 persen. Dengan demikian, risiko penularan di lima wilayah itu masih tinggi. 


"Provinsi-provinsi tersebut masih memiliki uji proporsi positif lebih dari 5 persen, yang berarti penularan di masyarakat masih sangat tinggi," demikian kata WHO sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com


WHO turut merangkum angka fluktuasi rasio positif secara nasional sejak November 2020. Angka rasio positif sempat mencapai puncak pada pertengahan Februari 2021, di angka 30,5 persen. 


Angka tersebut sempat turun sampai 9 persen. Lalu naik kurang dari 20 persen pada 11 Maret, sebelum kemudian meningkat pesat pada bulan Juni dengan risiko penularan tinggi menurut WHO. Hingga 4 Juli, angkanya mencapai 23,5 persen. Namun, angka itu hanya representatif jika jumlah tes memenuhi standar 1 tes penduduk per 1000 populasi perpekan. 


"Persentase sampel positif dapat diinterpretasikan secara akurat hanya dengan pengawasan dan pengujian yang komprehensif dalam urutan: satu orang diuji per 1000 populasi per minggu," kata WHO. 


WHO juga mencatat masih ada tenaga kesehatan (nakes) di 16 provinsi Indonesia yang belum menerima suntikan vaksin Covid-19. 


Provinsi tersebut antara lain Aceh, Papua, Maluku, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, dan Lampung. (*)