BLT untuk PKL dan UKM Dalam Finalisasi -->

BLT untuk PKL dan UKM Dalam Finalisasi

Selasa, 03 Agustus 2021
ilustrasi


Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku mendorong percepatan penyaluran BLT untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan pedagang kaki lima (PKL). Bansos tunai itu sedang dalam tahap finalisasi.


"Bantuan UKM dan PKL warung sedang difinalisasi dan diharapkan sudah bisa langsung dijalankan melalui TNI/Polri, regulasi sudah disiapkan," katanya pada konferensi pers daring, Senin (2/8/2021) malam.


Selain bansos tunai PKL, dia menyebut pemerintah juga mempercepat realisasi berbagai bantuan lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah terealisasi sebesar Rp15,5 triliun kepada 7,4 juta penerima manfaat.


Kemudian, program Kartu Sembako yang hingga Juli 2021 tersalurkan sebesar Rp9,4 triliun kepada 15,7 juta keluarga. Lalu, BLT Desa yang terealisasi senilai Rp1,48 triliun untuk 2,18 juta penerima.


"Bantuan subsidi upah (BSU) sudah mulai berjalan dan banpres sudah diluncurkan Bapak Presiden pada 30 Juli yang lalu," imbuhnya sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Pemerintah menyatakan akan memberikan BLT kepada pelaku usaha mikro, seperti pelaku warung, warteg, hingga PKL senilai Rp1,2 juta.


Hingga kini, petunjuk teknis dan pedoman umum masih disiapkan oleh pemerintah. BLT ditujukan untuk memberi bantalan kepada wong cilik untuk bertahan di tengah pengetatan mobilitas warga. (*)