Dosen UNP Ikuti Kegiatan Sosialisasi SERDOS 2021 -->

Dosen UNP Ikuti Kegiatan Sosialisasi SERDOS 2021

Jumat, 13 Agustus 2021


Padang, FajarSumbar.Com - Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI) mengadakan, sosialisasi Sertifikat Dosen (SERDOS) Kamis,(12/08 2021).


Sosialisasi yang diikuti oleh puluhan dosen yang akan mengikuti Serdos tahun 2021 ini, beberapa orang diantaranya dari unsur panitia penyelenggara Serdos dilingkungan Universitas Negeri Padang (UNP).


Kegiatan ini digawangi oleh Pusat Pengembangan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi, LP3M UNP, dalam rangka membantu dan mengkoordinasikan kegiatan ini kepada seluruh dosen dilingkungan UNP yang akan mengikuti Serdos pada tahun ini.


Direktur SDM, Kemendikbud Ristek RI dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 3.000 orang dosen, panitia Perguruan Tinggi (PT) dari berbagai PT di Indonesia. Bagi yang tidak berkesempatan untuk bergabung melalui zoom dapat mengikuti kegiatan ini melalui live streaming youtube, ujarnya.


Tahun ini Kemendikbud Ristek RI memberikan kuota Serdos untuk 8.000 orang dosen, sedangkan tahun sebelumnya hanya 7.000 orang. Kendati demikian, pihak Kementrian juga sudah menyiapkan pedoman operasional Serdos SMART.


Sementara itu, Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto, mengatakan, melalui profesionalisme dosen Serdos diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang bisa menjadi pilar hebat bangsa ini. 


Dengan adanya inovasi informasi teknologi, proses serdos ini lebih mudah dan efisien, serta data bisa dicek secara real time, imbuhnya.


Direktorat Jenderal (Dirjen) Dikti Kemendikbut Ristek RI Prof, Nizam, Ph.D menyatakan pula, bahwa “Pendidikan adalah kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas. 


SDM yang unggul, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia untuk mengemban amanah tersebut. Serdos SMART (Simple, Modern, More Innovative, Accountable, Responsive dan Transparant)  dapat membantu mengurangi beban administrasi dosen dan redundancy data” tegasnya.


Kepala Pusat  Pengembangan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi, UNP, Dr. Mulya Gusman, ST, MT menyampaikan bahwa, “Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih teknis kepada setiap DYS, sehingga DYS dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dosen yang sudah eligible dan masuk kuota tahun ini dapat lolos sebagai pembuktian sebagai dosen yang professional”.


Ketua LP3M UNP, Prof. Jamaris, M.Pd menyampaikan bahwa, “Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal dari rangkaian dan tahapan pelaksanaan sertifikasi dosen tahun ini yang mengusung konsep SMART yang lebih memudahkan dosen dari sisi administrasi dan memberikan kesempatan kepada dosen untuk menuliskan  deskripsi diri, yang pada tahun ini berganti nama menjadi PDD-UKTPT (Penilaian diri dosen mengenai unjuk kerja tridarma perguruan tinggi) sesuai dengan passion dosen tersebut baik di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat”.


Ia juga berharap agar dosen yang akan mengikuti Serdos tahun ini diberikan kelancaran sehingga dapat menambah jumlah dosen yang tersertifikasi di UNP.


Kegiatan ini diisi dengan penjelasan tata kelola Serdos Smart, mulai dari T1-T3, pesyaratan, lembaga penyelenggara sertfikasi AA, Pekerti, TKBI dan TKPA, serta penjelasan sampai tahap penilaian akhir.(Rel/Unp/RDz)