Jurusan Pendidikan Ekonomi Gelar Webinar Penyusunan E-Modul Untuk Pembelajaran Daring dan Luring -->

Jurusan Pendidikan Ekonomi Gelar Webinar Penyusunan E-Modul Untuk Pembelajaran Daring dan Luring

Jumat, 13 Agustus 2021

Padang, FajarSumbar.Com - Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Webinar Penyusunan E-Modul untuk pembelajaran daring dan luring bagi dosen FE UNP  yang digelar secara daring, Rabu,(11/08/2021). 


Digelarnya kegiatan Webinar Penyusunan E-Modul ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FE UNP agar mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan optimal.


Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan terakhir untuk aktivitas 1 yaitu  Improving Curriculum and Learning Quality pada pelaksanaan hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2021. dibuka oleh Wakil Rektor I UNP Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt, 


Dalam sambutannya Wakil Rektor I UNP Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt mengatakan karena adanya pergeseran paradigma perlu dilakukan penyesuaian pembelajaran yang menuntut adanya pembelajaran mandiri bagi peserta didik, sehingga memerlukan bahan ajar yang interaktif dengan orientasi pengembangan Bridging the gaps.


Untuk itu dosen dituntut untuk mampu mengembangkan bahan ajar interaktif berupa E-Modul agar dapat memaksimalkan pembelajaran, harapnya.


Kegiatan Webinar Penyusunan E-Modul dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yaitu Ketua Pusat Penelitian Keilmuan LPPM Universitas Terbuka  Prof. Dr. M. Gorky Sembiring, M.Sc, Guru Besar Jurusan Pendidikan Ekonomi UNP Prof. Agus Irianto dan Dosen Fakultas Teknik UNP Ika Parma Dewi, S.Pd., M.Pd.T. 


Prof. Dr. M. Gorky Sembiring, M.Sc menyampaikan materi terkait dengan Disain dan Orientasi Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif. 


Dalam pemaparannya Prof. Gorky menyampaikan, pembelajaran daring tidak terjadi begitu saja namun perlu dipersiapkan perencanaan dan implementasi yang cermat. Sejalan dengan itu Bapak Prof. Agus Irianto memberikan materi bagaimana menulis draft bahan ajar.


Pemateri lainya, Prof. Agus Irianto juga menyampaikan, dosen perlu mengikuti perkembangan dan mengakses informasi terbaru sebagai dasar dalam menyempurnakan bahan ajar yang telah dibuat.


Ika Parma Dewi menyampaikan materi mengenai langkah-langkah penyusunan E-Modul dengan Flip PDF Profesional. Dengan dilaksanakannya Webinar Penyusunan E-Modul ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Dosen Fakultas Ekonomi dalam mengembangkan bahan ajar interaktif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.(Rel/Unp).RDz.