Jadikan Masker Senjata Pemungkas Hadapi Covid-19 -->

IKLAN ATAS

Jadikan Masker Senjata Pemungkas Hadapi Covid-19

Minggu, 22 Agustus 2021
www.aswata.co.id


Padang - Masker sudah menjadi kebutuhan 'pokok' bila berada beraktivitas luar rumah. Sejak virus Covid-19 yang melanda dunia dan khususnya Indonesia dan umumnya di Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan sebagai pandemi. Berbagai regulasi dalam pencegahan dan penanganan wabah terus dikembangkan. 


Namun sayang kadang-kadang warga masih abai menggunakan alat pelindung diri (APD) tersebut. Sumatera Barat (Sumbar) misalnya, masih banyak warga yang masih abai gunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Hal itu terbukti ketika aparat melakukan razia yustisi masih banyak warga yang terjaring.


"Saya heran juga mengapa masyarakat masih banyak yang tidak peduli untuk menggunakan masker. Padahal masker tersebut sangat membantu untuk menekan penyebaran Covid-19," ujar Andy kepada fajarsumbar.com, Minggu (22/8/2021).


Padahal pencegahan-pencegahan untuk virus yang menular terus dilakukan oleh pemerintah. Seluruh dunia warganya diimbau untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dalam kesehariannya dan menjahui kerumuman. 


Masker, menjadi benda yang wajib dipakai dalam setiap aktivitas manusia, hal ini karena efektivitas masker dinilai mampu mencegah virus masuk ke tubuh manusia. 


Fungsi masker punya peranan penting dalam tiap penanganan wabah. Penggunaan masker wajib di masa pandemi, mempunyai berbagai aturan dalam penggunaannya. 


Sejak virus Covid-19 yang melanda dunia dan khususnya Indonesia dan terkhusus di Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan sebagai pandemi. Berbagai regulasi dalam pencegahan dan penanganan wabah terus dikembangkan. 


Gubernur Sumbar Mahyeldi dan seluruh kepala daerah 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat juga selalu wanti-wanti warga agar menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah. Imbauan itu dilakukan untuk memutus manta rantai penyebaran virus yang sangat mematikan tersebut.


Menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah demi mengurangi potensi penularan penyebaran Covid-19 yang makin merebak.  "Selalu gunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali,"  imbau Gubernur Mahyeldi yang juga mantan walikota Padang tersebut.


Hal yang sama juga tak kalah wanti-wantinya disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal untuk meminta seluruh masyarakat tanpa kecuali untuk menggunakan masker bila berada di luar rumah. Hal itu juga sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam mencegah penyebaran Covid-19.


Sebagaimana diketahui, total kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) mencapai 84.280 orang hingga, Sabtu (21/8/2021), meninggal 1.886, sembuh 74.771, dirawat 103 orang dan warga yang melaksanakan isolasi mandiri mencapai 355 orang.


Masih tingginya kasus Covid-19 di Sumatera Barat, masyarakat terus diimbau untuk selalu memakai masker, agar tidak membawa virus itu ke rumah, bahkan anak-anak pun sudah waspada atas keganasan virus tersebut dengan mengingatkan orangtuanya jika lupa membawa masker saat pergi ke luar rumah. Jadikanlah 'Masker Senjata Pemungkas Hadapi Covid-19'. (ab)