Pemerintah Beri Bantuan BLT untuk Pekerja -->

Pemerintah Beri Bantuan BLT untuk Pekerja

Rabu, 04 Agustus 2021

ilustrasi


Jakarta - Pemerintah akan memberikan bantuan kepada pekerja gaji di bawah Rp3,5 juta untuk di daerah PPKM Level 3 dan Level 4. Bantuan ini disebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji untuk pekerja di sektor non-esensial dan non-kritikal.


Cara mendaftar BLT Subsidi Gaji yang perlu dicermati seperti calon penerima sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2021.


Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa penarikan data dari BPJS Ketenagakerjaan dinilai paling lengkap dan valid untuk penyaluran BLT.


Syarat Pekerja Mendapatkan BLT Subsidi Gaji. Adapun beberapa syarat pekerja bisa menerima subsidi gaji yang perlu diketahui sebagai berikut:

1. WNI

2. Anggota BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021

3. Calon penerima merupakan pekerja di daerah PPKM Level 3 dan Level 4

Data calon penerima akan diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.


Oleh karena itu, pekerja diimbau untuk menyerahkan nomor rekening kepada perusahaan sebagai cara mendaftar BLT subsidi gaji kepada BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Apabila belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, berikut cara mendaftarnya:

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. Registrasi data diri

3. Isi formulir yang diberikan

4. Setelah semuanya diisi, peserta akan mendapatkan PIN yang dikirim ke email dan SMS yang terdaftar.


Nantinya subsidi gaji akan disalurkan kepada 8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Besaran subsidi yang diterima sebesar Rp500 ribu per bulan untuk dua bulan.


Pemerintah merencanakan pencarian BLT Subsidi Gaji untuk dua bulan sekaligus pada bulan Agustus ini. Demikian informasi cara mendaftar BLT subsidi gaji sebesar Rp1 juta. (*)