Pemkot Medan Segel Pabrik Pengolahan Bulu Ayam -->

Pemkot Medan Segel Pabrik Pengolahan Bulu Ayam

Minggu, 15 Agustus 2021

ilustrasi


Medan - Pemkot Medan, Sumatera Utara, menutup pabrik pengolahan bulu ayam. Penutupan pabrik itu sekaligus menjawab keresahan warga sekitar yang kerap mengeluhkan bau menyengat yang dikeluarkan dari aktivitas pengolahan bulu ayam.


"Instruksi pak Wali Kota, PT API, kami segel. Masyarakat resah akibat menimbulkan bau busuk menyengat," tutur Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dilansir Antara, Minggu (15/8/2021).


Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, kata Aulia, turun langsung ke lapangan untuk menyegel perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri Medan (KIM) I, Kelurahan Mabar, Medan Deli, pada Jumat (13/8/2021) lalu.


Menurut Aulia, Pemkot Medan sudah memperingatkan PT API berulang kali untuk memperhatikan dan mengkaji kembali dampak polusi udara yang ditimbulkannya.


"Kami peringatkan, tapi manajemen pabrik bandel dan tidak merespons. Kami tidak melarang orang usaha, tapi perhatikan juga lingkungan sekitar. Baunya luar biasa, pakai masker pun tembus," imbuh dia sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Ia menegaskan tidak segan-segan untuk mencabut izin aturan perusahaan jika memang terbukti melanggar.


Penyekatan Medan Minta Dirawat

Kebijakan Pemkot Medan itu mendapat apresiasi dari warga sekitar. Rubiah, warga setempat menyambut baik ketegasan Pemkot Medan.


"Keluhan kami, warga disini akhirnya terjawab. Terus terang, kami nggak tahan. Baunya sangat menyengat, sesak dada ini," jelasnya. (*)