Pusbangpel UNP Rancang Perangkat Pembelajaran Sesuai Tuntutan Indikator Kinerja Utama -->

Pusbangpel UNP Rancang Perangkat Pembelajaran Sesuai Tuntutan Indikator Kinerja Utama

Senin, 09 Agustus 2021


 

Padang, FajarSumbar.Com - Pusat Pengembangan Pembelajaran (PUSBANGBEL)  

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang (UNP), bersama Program Studi (prodi) Pendidikan Ekonomi UNP, merancang Perangkat Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU ) 7.


IKU 7 tersebut, yaitu Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif yang dicirikan dengan metode Case Method dan Team Based Project.


Kegiatan ini digagas oleh prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE ) UNP dan dilaksanakan, Senin, (9/08/2021) secara daring.


Kegiatan ini sebagai salah satu program studi pemenang hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2021 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Rebublik Indonesia (Kemdikbudristek RI).


Prodi Pendidikan Ekonomi, telah merancang berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa kemudian peningkatan kualitas pembelajaran dan kerja sama dengan mitra, baik di dalam maupun luar negeri. 


Kepala Pusbangbel LP3M UNP, Dr. Nofrion, M. Pd sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi tentang penerapan metode Case Method dan Team Based Project dalam RPS dan Rancangan Tugas Mahasiswa. 


Paparan materinya, juga dilengkapi dengan praktik pembelajaran daring untuk menilai partisipasi mahasiswa dalam menganalisis kasus yang disajikan. 


Sementara itu, Dekan FE UNP Dr. Idris, M. Si dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini sangat berdampak terhadap capaian IKU Perguruan Tinggi khususnya IKU 7. Diharapkan peserta, agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius, karena tantangan pembelajaran ke depan akan lebih kompleks. 


Selain kata Idris, dosen dituntut lebih kreatif dan dapat bertransformasi dengan cepat sesuai perkembangan yang ada dan diharapkan pula mampu merancang pembelajaran daring yang efektif dan efisien.


Guru Besar Pendidikan Ekonomi UNP, Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M. Pd mengatakan, tugas utama seorang Pendidik adalah membuat perencanaan pembelajaran dan menetapkan tujuan pembelajaran. 


Secara tegas, mantan Rektor UNP, Z. Mawardi Effendi itu mengatakan, “Tidak ada pembelajaran tanpa perencanaan”. 


Metode Case Method dan Team Based Project adalah metode pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa yang dicirikan dengan adanya kasus atau masalah yang dianalisis secara mendalam. 


Penerapan Case Method bisa dikombinasikan denga Flipped Classroom untuk menyediakan materi sebagai “pre-requisite” sebelum menganalisis kasus, imbuhnya.


Metode ini memberi ruang kepada mahasiswa untuk mengambil peran dan inisiatif yang lebih luas dan dosen lebih banyak berperan sebagai fasilitator dan observer pembelajaran selama case study berlangsung baik dalam kelompok maupun klasikal.(Rel/Unp).RDz.