Unand Kembali Wisuda 1.651 Sarjana Baru -->

Unand Kembali Wisuda 1.651 Sarjana Baru

Sabtu, 14 Agustus 2021

Rektor Unand Prof.Yuliandri, ketika pemindahan jambul wisudawan


Padang, fajarsumbar.com  -  Universitas Andalas (Unand) Padang, kembali mewisuda 1.651 sarjana baru yang berlansung dalam rapat senat terbuka di Convensen Hall Unand Limau Manis Padang, Sabtu, (14/08/2021).


Pada pelaksanaan wisuda III Unand Tahun 2021 yang terdiri dari lulusan Diploma III (DIII), Sarjana (S1), Profesi, Spesialis, Magister (S2) dan Doktor (S3), tetap mematuhui Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat, guna menekan penyebaran pandemi Covid- 19.


Dari penyelenggaraan wisuda secara ofline di Convensen Hall Unand Limau Manis Padang, hanya diwakili oleh 2 orang wisudawan, wisudawati, ditandai dengan pemindahan  jambul wisudawan, oleh Rektor Unand Padang Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H.


Widudawan lainya, tetap mengikuti wisuda secara virtual atau daring. Dari segi pemindahan jambul wisudawan dilakukan oleh orang tua atau keluarga wisudawan dari rumah masing- masing.


Dari sejumlah wisudawan, wisudawati Tahun 2021 tersebut, dinyatakan sebagai lulusan Terbaik Satu, yakni Liza Aulia Yusfi.S.sI, dari Program Studi (prodi) Bioteknologi Pascasarjana dengan Indek Prestasi (IP) 4.0.


Dalam sambutannya Rektor Unad Padang Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H mengatakan, Unand tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan perlindungan bagi segenap sivitas akademica dan tenaga kependidikan, begitu juga dengan seluruh wisudawan dan wisudawati Unand.


Hal ini, tidak hanya diupayakan Unand dalam pelaksanaan kegiatan prosesi wisuda saja, tetapi juga pada berbagai acara penting lainnya, termasuk acara yang mengandung nilai sejarah, namun kami tetap laksanakan secara daring, guna mengantisipasi penyebaran Covid- 19 yang saat ini belum melandai.


Kepada wisudawan, wisudawati Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H mengatakan, secara resmi saudara telah berada satu level lebih tinggi dalam jenjang pendidikan formal.


Kendati demikian, bukan berarti proses belajar saudara telah berakhir sampai di sini, namun teruslah belajar, karena menambah ilmu itu tidak ada batasnya. ilmu yang disediakan Yang Maha Kuasa bak lautan tak bertepi. "Hanya kita sajalah yang memiliki berbagai keterbatasan dalam mencarinya", ujar Rektor Unand Prof Yuliandri.


Ia berharap, gelar sarjana yang diperoleh hari ini tidak menjadi salah satu pembatas bagi saudara-saudara untuk terus memperdalam ilmu serta mengamalkannya untuk kemasalahan bangsa, negara, agama dan masyarakat. 


Dengan bekal ilmu yang saudara-saudara peroleh dari Universitas ini, berkaryalah dan berbuatlah untuk membantu agar bangsa dan masyarakat kita segera dapat mengatasi keadaan ini. 


Jika kelak atau setelah saudara-saudara masuk ke dunia kerja apakah membuka lapangan kerja sendiri atau mengabdi pada instansi pemerintah maupun swasta, agar tetap menjadi orang yang idealis. 


"Peliharalah idealisme yang saudara pupuk selama belajar di Unand, jagalah integritas saudara, nama baik almamater dan harumkanlah nama universitas ini dengan ilmu, karya dan pengabdian saudara-saudara kepada masyarakat, negara dan agama," harap Prop Yuliandri


Kepada wisudawan, wisudawati  terutama  jenjang pendidikan sarjana, diploma, spesialis dan profesi, dalam hal saudara telah mendapatkan tempat bekereja, ataupun melanjutkan studi, termasuk membuka lapangan kerja sendiri, dapat kiranya, melaporkan dan menyampaikan ke almamater, sesuai dengan aplikasi yang telah diketahui.


 Hal ini demikian penting untuk disampaikan, dan akan menjadi torehan prestasi bagi Institusi, terutama dalam melakukan penelusuran terhadap alumni (tracers study).


Wisuda III Unand Tahun 2021 itu, ditandai dengan penyerahan 1.651 Alumni Unand, dari Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H kepada Ketua Umum IKA Unand Rustian, S.Si, Apt, M.Kes. (RDz)