UNP Laksanakan Belajar Daring Juli - Desember 2021 -->

UNP Laksanakan Belajar Daring Juli - Desember 2021

Senin, 02 Agustus 2021

Rektor Universitads Negeri Padang Prof. Ganefri. Ph.D


Padang, fajarsumbar.com - Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) tahun masuk semester Juli hingga Desember akan mengikuti perkuliahan secara daring. 


Perkuliahan secara daring ini diselenggarakan agar terjadi interaksi antara mahasiswa dengan dosen sebagaimana mestinya, ujar Rektor UNP  Prof. Ganefri, Ph.D. ketika  memberikan sambutannya pada pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB untuk mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang berlangsung secara daring, Senin (02/08/2021).


Lebih jauh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan kepada mahasiswa baru UNP, terdapat beberapa kelas internasional yang dapat diikuti mahasiswa pada beberapa program studi.


"Program studi di UNP dimaksud, telah memiliki akreditasi A dan akreditasi B bahkan ada yang akreditasi Internasional dari AUNQA dan ASIIN," jelasnya.


Mahasiswa akan mengikuti perkuliahan secara daring pada semester Juli-Desember. agar bisa menyelesaikan perkuliahan, sehingga nantinya bisa diwisuda, namun untuk mengikuti wisuda harus menguasai bahasa Inggris.

Untuk itu anda, kata Rektor UNP, harus menguasai bahasa Inggris sejak dini, karena penguasaan bahasa inggris merupakan salah satu syarat untuk mengikuti wisuda.


Disisi lain, mahasiswa harus dapat menyelesaikan perkuliahan secara tepat waktu. Jika tidak dapat menyelesaikan perkuliahan secara tepat waktu tentu akan merugikan diri sendiri dan merugikan UNP," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.


Wlaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring, mahasiswa diharuskan pula mengikuti berbagai aktivitas pengembangan bakat dan minat yang secara umum dilaksanakan secara daring juga.


Disebutkan, bahwa UNP akan segera berubah dari Perguruan Tinggi Negeri menjadi Badan Layan Umum (BLU) dan menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTBH). Pada kesempatan itu Rektor  UNP Prof Ganefri, juga memperkenalkan para Wakil Rektor Dekan, Direktur, Kepala Biro dan Wakil Dekan.


Selain itu, Rektor UNP nuga menganjurkan kepada mahasiswa yang memiliki kesempatan ke Kampus, agar bisa menjalani vaksinasi dan diharapkan mahasiswa UNP, bisa menjadi duta untuk melakukan edukasi penanggulangan pandemi Covid-19.


Dijelaskan, mahasiswa UNP yang akan mengikuti perkuliahan pada semester Juli hingga Desember tersebut, hanya bagi mahasiswa tahun masuk 2020.


Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H dalam sambutannya, ketika membuka PKKMB UNP tersebut mengatakan, kegiatan PKKMB ini dapat menjadi wahana untuk mengembangkan dan meningkatkan pencapaian revolusi mental bagi generasi muda di Indonesia.


"Dengan demikian Mahasiswa dapat menjadikan kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dan dapat pula sebagai wahana untuk pemahaman perkuliahan dalam rangka menyelesaikan perkuliahan secara baik," harap Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H, 


Kalolda Sumatera Barat, juga menyampaikan, kegiatan PKKMB ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengantisipasi masalah-masalah nasional dan masalah bangsa seperti narkoba, terorisme, dan sebagainya.


Ketua panitia PKKMB yang juga Wakil Rektor III Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D. menjelaskan, jumlah peserta PKKMB tahun masuk 2021 ini, nuga melibat pemateri PKKMB yang akan dilaksanakan selama dua hari kedepan. (ab)