Bangkit dari Pandemi, Dinas Pangan dan Pertanian Bantu Petani -->

IKLAN ATAS

Bangkit dari Pandemi, Dinas Pangan dan Pertanian Bantu Petani

Rabu, 08 September 2021

 

Mesin bajak salah satu bantuan dari Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Guna membantu meningkatkan ekonomi petani di Padang Panjang, Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) telah menyalurkan beberapa bantuan melalui APBN pada tahun 2021. 


Bantuan itu antara lain berupa alat dan mesin pertanian (alsintan), perbaikan jaringan irigasi, pupuk bersubsidi dan sebagainya.


"Rata-rata puluhan petani yang mendapatkan bantuan alsintan ini," kata Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan DPP, Fitriasi M, S.Pt, Selasa (7/9) di Padang Panjang.


Kendati refocusing anggaran,sebutnya, kegiatannya tetap berjalan dikarenakan adanya kegiatan untuk Padang Panjang yang dananya bersumber dari APBD Provinsi Sumbar dan APBN.


“Di masa pandemi ini, ekonomi masyarakat merosot begitu juga dengan petani. Namun dengan kondisi apapun, sektor pertanian harus tetap diutamakan apalagi sektor pertanian menghasilkan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga pada kondisi apapun tetap dicari konsumen,” ulasnya.


Terkait dengan pemberdayaan ekonomi,  DPP juga mengupayakan beberapa program padat karya. 


Di tahun 2021  salah satu program padat karya adalah rehabilitasi jaringan irigasi tersier pada dua kelompok tani (keltan) yang kegiatan fisiknya langsung dilaksanakan keltan tersebut yaitu di Kelurahan Ganting dan Ngalau.


Selain itu DPP juga mengupayakan fluktuasi harga komoditi pertanian tidak terlalu signifikan.  Untuk beberapa komoditi ada yang naik dan ada yang turun, tergantung suplai produksi petani dan permintaan konsumen.


“Sejak adanya pembatasan kegiatan pada masa PPKM, sangat berpengaruh pada fluktuasi harga komoditi hasil pertanian,” jelasnya. (syam/ab)