Banjir Bandang Bogor Surut, Penghuni Rumah Mulai Diungsikan -->

IKLAN ATAS

Banjir Bandang Bogor Surut, Penghuni Rumah Mulai Diungsikan

Selasa, 07 September 2021
ilustrasi


Jakarta - Banjir bandang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, disebut sudah surut. Sejumlah warga diungsikan setelah 10 rumah rusak akibat terjangan air.


Camat Cigudeg Pardi mengatakan banjir yang terjadi akibat luapan air Sungai Cidurian itu berangsur surut pada malam hari. Namun, ia tetap meminta warga di bantaran sungai mengungsi ke tempat yang relatif lebih aman.


"Alhamdulillah sudah mulai surut. Warga yang ada di bantaran Sungai Cidurian, sementara diungsikan ke tempat yang lebih aman karena khawatir terjadi banjir susulan," katanya, Selasa (7/9/2021) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Adam Hamdani menuturkan warga yang diungsikan merupakan penghuni 10 rumah di bantaran Sungai Cidurian, di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung.


Ia menjelaskan bahwa banjir bandang di Sungai Cidurian tersebut disebabkan curah hujan tinggi sejak sore hingga menjelang malam di wilayah barat Kabupaten Bogor.


Bupati Bogor Ade Yasin pun memperingatkan agar warga di sekitar aliran Sungai Cidurian selalu waspada usai terjadi banjir bandang pada Senin (6/9) petang.


"Mari tingkatkan kewaspadaan kita, di tengah intensitas turunnya hujan yang deras, dan jangan lupa agar terus berdoa," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (7/9/2021) dini hari.


Ia mengaku sudah menerjunkan pasukan untuk melakukan pertolongan pertama, serta mengimbau masyarakat di sekitar sungai tersebut agar mengungsi sementara.


"Saya telah menginstruksikan camat, BPBD, Tagana, Linmas, dan instansi terkait untuk turun ke lapangan memberikan pertolongan pertama, mengecek dan memonitoring langsung perkembangan yang terjadi," katanya.


Bupati juga telah menginstruksikan tim Bogor Gerak Cepat (Gercep) untuk memberikan sembako kepada warga terdampak bencana.itu,


Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyatakan bahwa kejadian meluapnya Sungai Cidurian pada Senin petang berakibat robohnya jembatan dan merusak belasan rumah warga. (*)