Dinas Kominfo Adakan Pelatihan DEA Bagi 100 Pelaku UMKM di Tanah Datar -->

Dinas Kominfo Adakan Pelatihan DEA Bagi 100 Pelaku UMKM di Tanah Datar

Kamis, 23 September 2021
Bupati Eka Putra membuka acara pelatihan DEA BBPSDMP Kominfo Medan, di Ballroom Emersia Hotel, Kamis (23/9).


Tanah Datar - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan mengadakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tanah Datar di Ballroom Emersia Hotel Batusangkar, Kamis (23/9/2021). 


Kegiatan itu dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE., sekaligus menjadi keynote speaker pada acara tersebut. Bupati mengucapkan terimakasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan, yang telah memilih Tanah Datar sebagai tempat pelatihan DEA. Pelatihan itu bertemakan "Melalui Berwirausaha Secara Digital dan Tentang Program Unggulan Tanah Datar untuk membuka 1000 lapangan kerja." 


"Saya harap kepada peserta pelatihan yang merupakan pelaku UMKM, agar mengembangkan usahanya dengan sistem digital atau penjualan online, agar masyarakat Tanah Datar bisa membeli onlinenya dengan para pelaku UMKM Tanah Datar nantinya," pesan Eka Putra. 


Pelatihan DEA


Bagi peserta pelaku UMKM harus serius mengikuti pelatihan ini, tambah bupati. Ini kesempatan emas bagi UMKM Tanah Datar. 


Ia mengharapkan peserta agar mengikuti perkembangan teknologi. Dia yakin peserta punya kemampuan untuk itu, karena sudah mempunyai jiwa entrepreneurship. 


"Kita harus mampu menghadapi ketatnya persaingan, maka kita harus meningkatkan kualitas daya saing, yaitu dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat," ucapnya. 


Bupati Foto bersama dengan Peserta Pelatihan DEA

Menurutnya, pemerintah daerah menyambut baik apa yang dilakukan BBPSDMP Kominfo Medan, dalam meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM. 


Khususnya di Tanah Datar melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dalam bentuk digital entrepreneurship dan program unggulan Tanah Datar membuka 1.000 lapangan kerja dan wirausaha. 


Pada akhir sambutan bupati, dia berharap kepada para pelaku UMKM di Tanah Datar untuk dapat memanfaatkan program itu sebaik-baiknya, guna meningkatkan mutu dari produk yang dihasilkan dan meluaskan wilayah pemasaran. 


100 peserta pelaku UMKM ikuti pelatihan DEA

"Semoga pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dan bisa meningkatkan omset dari zaman digital sekarang ini, ilmu-ilmu yang didapat bisa dikembangkan, sehingga UMKM bisa hidup lagi," pungkas Bupati. 


Sementara itu Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Ibrar Samekto, M.Si., menyebutkan, UMKM itu harus bisa berkompetisi dan juga harus membangun jiwa entrepreneurship digital. 


"Semoga pelatihan ini bisa memberikan kompetisi digital yang maksimal bagi para peserta dan dapat diimplementasikan," pesan Ibrar.


Foto bersama panitia pelaksana pelatihan DEA.


Pelatihan yang diinisiasi oleh Kominfo Medan bekerjasama dengan Diskominfo Tanah Datar ini, berlangsung selama 2 hari tanggal 23-24 September 2021 dan diikuti 100 pelaku UMKM Tanah Datar. Semua peserta sebelum mengikuti pelatihan melakukan rapid test antigen dan acara berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


Acara ini dihadiri Kadis Kominfo Tanah Datar Abrar, Kadis Koperindag Tanah Datar Darfizal, Kabid IKP Roza Melfita, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dedi Tri Widodo, panitia dari Diskominfo Medan dan Tanah Datar. (Adv/fdy)